Bupati dan Wakil Bupati Kuansing Silaturrahmi dengan Insan pers

Kamis, 10 Juni 2021

PELITARIAU,Kuansing-Wujudkan hubungan media yang efektif, pemerintah daerah Kuasing mengelar silaturrahmi dan ramah tamah dengan insan Pers Se Kabupaten Kuantan Singingi, di pendopo rumah dinas Bupati, Rabu pagi (9/06/2021).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuantan Singingi Andi Putra, SH MH, Wakil Bupati Drs.H Suhardiman Amby, Ak MM, Plh.Setda Dr. Agus Mandar, SSos MSi, Kadis Diskominfoss Ir H Samsir Alam, MM dan Awak media baik cetak, televisi maupun online.

Dalam sambutannya, Bupati Kuansing, Andi Putra mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat luas mengetahui kegiatan yang telah dilakaanakan pemerintah.

"Kami sangat memerlukan media, apalagi pada saat covid 19 ini. Tanpa media masyarakat tidak akan mengetahui apa yang telah kita lakukan," ujar Bupati termuda di Riau ini.

Disampaikan, berdua dengan Wabup, dia berkomitmen untuk mensejahterahkan wartawan. Dana kerja sama yang ada saat ini akan upayakan lebih besar lagi.

Sementara itu, diwaktu yang bersamaan Wakil Bupati Drs.H Suhardiman Amby Ak MM berharap pemerintah menjadi tolak ukur oleh masyarakat, dan itu tersampaikan oleh rekan rekan media yang merupakan perpanjangan informasi pemerintah.

"Kita berharap media menjadi paralel kepada masyarakat dalam berbagi informasi," ujar Suhardiman.

Wabup juga berharap agar kedepannya media juga berperan aktif dalam membantu tugas pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat, apalagi di masa pandemi ini baik dalam menyajikan berita maupun dalam berbagi informasi lainnya

Disisi lain Kepala Dinas Kominfo Kuansing mengatakan ditahun 2021 terjadi peningkatan media yang memasukan proposal kerja sama publikasi (berita) dengan Pemda Kuansing melalui Dinas Kominfoss.

Dikatakan Syamsir Alam, sudah ada 68 media di Kuansing, terdiri dari 55 media online, 11 media cetak, 2 media elektronik (televisi), jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu sudah terjadi peningkatan yang signifikan, yang mana tahun 2020 media online hanya 40 media saja.

Disamping itu,Syamsir Alam mengatakan,dana kerja sama media dari tahun ke tahun mengalami penurunan, untuk media online, yang mana media online yang telah masukan proposal kerja sama sebanyak 55 media.

Kemudian dari seluruh wartawan yang bekerja di wilayah Kuansing, hanya 13 wartawan saja yang telah mengantongi Kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Sedangkan surat edaran dari Dewan Pers, media yang melakukan kerja sama dengan pemerintah adalah media yang telah terverifikasi dan wartawannya sudah lulus uji kompetensi wartawan.**