A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$nama2

Filename: controllers/berita.php

Line Number: 315


Maret, 12 Wisatawan Mancanegara Masuk Riau Lewat Bandara SSK II dan Pelabuhan Dumai

Rabu, 05 Mei 2021

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

PELITARIAU, Pekanbaru - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2021, tercatat ada 12 orang Wisatawan Mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau. Wisman masuk melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II sebanyak 8 wisman dan dari pelabuhan Dumai sebanyak 4 wisman.

"Ada 4 pintu masuk ke Riau, yakni Bandara SSK II, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis dan juga Pelabuhan Meranti. Di bulan April ada 12 orang Wisman yang masuk Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II sebanyak 8 wisman dan dari pelabuhan Dumai sebanyak 4 wisman," ujar Kepala BPS Provinsi Riau Misfaruddin, Rabu (5/5/2021).

Ia mengatakan, belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat
mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau.

"Pada bulan sebelumnya, hanya ada 3 kunjungan wisman yang datang ke Provinsi Riau, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 300 persen pada bulan Maret 2021," cakapnya.

Lanjut Misfaruddin, pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berada di Kota Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi.

Sebaliknya, pada tahun 2020 mulai bulan April hingga Desember hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II karena pandemi Covid-19.

"Setahun sudah, sektor pariwisata mengalami dampak pandemik Covid 19 yang sampai saat ini belum juga berakhir. Jumlah wisman yang datang masih sangat rendah. Pada Maret 2021, ada sebanyak 8 kunjungan wisman yang tercatat masuk melalui pintu masuk Bandara SSK II, terjadi kenaikan jika dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 3 wisman," sebutnya. **prc4