Lahan Gambut Harus dilindungi

Rabu, 21 Januari 2015

Asisten Pemerintahan Setdakab Inhu Drs.Asriya MSi menghadiri acara UKP4 di Pekabaru

PELITARIAU,Rengat-Wilayah Kabupaten Inhu memiliki potensi gambut yang cukup luas. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeliharaan, agar lahan ini tetap terjaga dan tidak terbakar dimusim kemarau.

 

Hal ini dibahas juga dalam acara ramah tamah dan jamuan makan malam Plt Gubernur Riau dengan Tim Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang berlangsung pada  Selasa  (20 /1) pukul  19.30 WIB di Gendung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru.

 

Acara ramah tamah ini dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rachman MBA serta seluruh kepala daerah dan Tim UKP4 di setiap kabupaten/ kota di Riau. Dimana untuk Indragiri Hulu dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Asriyan, MSi  dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kabupaten Inhu, Drs. Erpandi.

 

Dalam ramah tamah dan jamuan makam malam tersebut turut hadir Dr. Aris yang merupakan salah satu tim yang akan menangani masalah Gambut di Riau. Beliau turut memberikan pengarahan dan penjelasan tentang perlindungan dan pengelolaan gambut basah. “Lahan gambut merupakan ekosistem yang harus dilindungi dan itu semua menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melindunginya,”ucapnya.

 

Salah satunya dengan menerapkan desain pengelolaan ekohidro pada semua konsesi, baik hutan tanaman industri, perkebunan sawit maupun perkebunan rakyat. Fungsi lahan gambut sebagai penyimpan karbon, pengatur tata atur dan menjaga kelangsungan plasma, dapat tetap terjaga.(hms/alf)