Dengan Anggaran Rp2,3 Triliun Pemkab Meranti Rencanakan Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Sepanjang 409,08 KM

Selasa, 02 Maret 2021

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH

PELITARIAU, Meranti - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berencana akan membangun jalan lingkar pulau sepanjang 409,08 KM yang terdiri dari jalan base sepanjang 129,31 KM, jalan beton sepanjang 166,01 KM, dan jalan tanah sepanjang 113,76 KM. Dana yang dibutuhkan untuk membangun jalan-jalan penghubung tersebut diperkirakan sebesar Rp2,3 Triliun.

Perencanaan itu diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH saat menyampaikan pidato pertamanya dalam rapat paripurna di Balai Sidang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti,

"Anggaran untuk pembangunan jalan itu akan kita upayakan menggunakan dana APBN melalui Dipa Kementerian atau Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana APBD Provinsi Riau, bahkan jika diperlukan kita akan lakukan melalui skema KPBU atau melalui hutang daerah," ucap Adil.

Selain jalan penghubung, pemkab juga juga merencanakan akan membangun jembatan dan menyediakan moda transportasi antar pulau dalam dan luar Kabupaten bungsu di Riau itu.

"Kita juga merencanakan akan membangun jembatan dan menyediakan moda transportasi antar pulau dalam dan luar Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.**