Potong Tiga Tumpeng di Danau Raja, Pengurus PPBI Inhu Syukuran dan Pamerkan Ratusan Bonsai

Sabtu, 06 Februari 2021

Ketua umum PPBI Kabupaten Inhu, Dodi Nefeldi memotong tumpeng bersama dua penasehat PPBI Inhu Adri Bahar dan Sustiono

PELITARIAU, Inhu - Pengurus Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, Sabtu (6/2/2021) menggelar syukuran sekaligus pameran bonsai di objek wisata Danau Raja Rengat dalam rangka syukuran atas terpilihnya pengurus baru PBBI Cabang Inhu periode 2021-2025.

Didaulat Kaban Kesbangpol Inhu Adri Bahar dan Camat Rengat Sustiono sebagai penasehat PPBI Cabang Inhu, sedangkan pengurus PPBI Inhu dijabat ketua umum Dodi Nefeldi, dibantu dua Wakil ketua I Eko Purwanto dan Wakil ketua II Safriantoni, Sekretaris umum Dedek Mulyono dan Wakil Sekretaris Dipo Nugroho sedangkan bendahara dijabat Masut wakil bendahara Toni Tan.

Dalam syukuran tersebut terlihat tiga tumpeng masing masing dipotong oleh penasasehat PPBI Inhu Adri Bahar dan Sustiono dan tumpeng terakhir dipotong oleh ketua umum PPBI Cabang Inhu Dodi Nefeldi, kemudian hadir dalam kegiatan tersebut Komunitas Pencinta Bonsai Indragiri (KPBI) Inhil dan KPBI Inhu.

Saat itu terlihat ratusan bonsai dari berbagai daerah Inhu dan Inhil menghiasi objek wisata danau raja mengikuti pameran tersebut. "PPBI adalah wadah persatuan dan memupuk kebersamaan dan mempererat silaturahmi," kata ketua PPBI Inhu Dodi Nefeldi usai syukuran pengurus PPBI Inhu.

Kedepannya diharapkan, Kabupaten Inhu bisa menjadi tuan rumah dalam ajang pameran dan kontes bonsai tingkat nasional. "Jika kita menggelar pameran bonsai dan kontes bonsai tingkat nasional, maka para penghobi bonsai dari seluruh Indonesia akan berkunjung ke Inhu," jelas Dodi.

Berbonsai bagian dari belajar, sebab bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuannya membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas tersebut. "Cara mengkerdilkan pohon inikan ilmu, ini harus juga kita pelajari," kelasnya.

Secara detail, pohon bonsai adalah seni yang menciptakan pohon miniatur dari pokok pohon normal. Seni ini termasuk salah satu bentuk ekspresi yang sangat indah dan menuntut keahlian artistik, pengamatan yang telaten serta keseimbangan dan kesabaran.

Membuat pohon bonsai, hampir sama dengan menanam pohon lain pada umumnya, cara membuat pohon bonsai harus dimulai dengan menyediakan bibit atau benih bonsai itu sendiri, pot yang tepat adalah kunci dalam menanam dan merawat pohon bonsai secara sukses. **Prc