Walikota Pekanbaru Serahkan Zakat Baznas Periode Akhir 2014 Senilai Rp395 Juta

Rabu, 14 Januari 2015

Foto :Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT didampingi Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekdako yang juga Ketua Baznas HM Syurki Harto, mendistribusikan secara simbolis zakat dari Baznas Pekanbaru kepada masyarakat yang berhak menerimanya, Rabu (14/1/2014) di kedi

PELITARIAU, Pekanbaru - Penyaluran zakat guru, pengawas dan PNS dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Peknbaru tahun 2014 kembali dilakukan kepada masyarakat yang berhak menerimanya baik dari kalangan masyarakat untuk usaha kecil maupun pendidikan dan kelompok sosial lainnya.

Pendistribusian zakat periode akhir 2014 ini diserahkan langsung oleh Walikora Pekanbaru Firdaus ST MT, Rabu (14/1/2015) dengan didampingi Wakil Walikota Ayat cahyadi bersama Sekdako HM Syukri Harto yang juga ketua Baznas Pekanbaru bersama seluruh pengurus Baznas, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Zakat profesi guru, pengawas dan PNS yang diserahkan di kediaman Walikota ini berjumlah Rp395 juta yang diserahkan langsng kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Seperti dilansir goriau.

Ketua Baznas Pekanbaru HM Syukri Harto dalam laporannya menyampaikan bahwa zakat yang disalurkan senilai Rp 395 juta tersebut diberikan kepada kelompok masyarakat yang berhak menerimanya yang terdiri Pekanbaru Cerdas Rp274 juta untuk 172 orang mustahiq, Pekanbaru cerdas Rp87 juta untuk 58 orang mustahiq, Pekanbaru sehat Rp13,5 juta untuk 9 orang, Pekanbaru peduli Rp18 juta untuk 12 orang, dan program Pekanbaru Taqwa Rp2 juta untuk 1 mushollah.

''Dapat kami laporkan bahwa total penyaluran zakat tahun 2014 sampai hari ini adalah Rp4,2 miliar yang terdiri dari Rp880 juta untuk Pekanbaru Makmur atau bantuan usaha, Rp2,4 miliar untuk Pekanbaru cerdas bantuan pendidikan, Rp46,5 juta untuk Pekanbaru sehat atau bantuan kesehatan, Rp341 juta Pekanbaru peduli atau bantuan sosial, dan Rp52 juta Pekanbaru Taqwa  atau bantuan rumah ibadah,'' ujar Syukri harto yang juga Sekdako Pekanbaru itu.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam pengarahannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Baznas dan seluruh jajaran yang terkait dalam pengumpulan zakat di Kota Pekanbaru yang telah mensukseskan program  kepedulian kepada masyarakat Pekanbaru yang sebagian besar masih sangat membutuhkan sentuhan kepedulian baik kepedulian di bidang sosial, pendidikan, maupun usaha.

''Program kepedulian ini, selain bernilai kewajiban bagi orang-orang yang mampu, juga bernilai ibadah yang sangat tinggi di sisi Allah, dan menjadi salah satu solusi yang terbaik dalam agama untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat, seluruh pihak dan setiap orang yang memiliki andil dalam zakat baik yang mengurus maupun yang mengumpulkan serta yang berzakat sama-sama diuntungkan dalam hal kehidupan beragama yang bernilai ibadah,'' ujar Walikota.

Walikota berharap kepada para pegiat zakat dalam hal ini Baznas Pekanbaru dan jajarannya untuk semakin meningkatkan atifitas dan terbososan dalam membantu masyarakat luas. ''Dan kepada masyarakat yang mendapat sentuhan dari badan ami zakat ini, hendaknya bantuan zakat yang diterima dapat dijadikan modal usaha, maupun kebutuhan lainnya yang diperuntukkan. Dan semoga yang menerima zakat tahun ini usahanya berkembang baik dan mudah-mudahan tahun depan bisa menjadi orang yang sudah layak dan wajib berzakat pula. Amiiinn,'' harap Walikota. Walikota juga tidak lupa dalam kesempatan acara yang dihadiri ratusan warga dari berbagai kecamatan itu untuk selau meningkatkan amal kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, serta selalu peduli dengan kebrsihan dan kesehatan lingkungan. (PR-cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha