Bupati Inhil Resmikan DMIJ Sekaligus Lantik Jajaran Pengurus BPD se-Kecamatan Gaung

Rabu, 14 Januari 2015

Bupati Inhil HM Wardan

PELITARIAU, Tembilahan - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta kepada pengurus Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk dapat bekerjasama dengan Pemerintah Desa, khususnya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya pembangunan.

“Dalam menjalankan tugas BPD dan Pemerintahan Desa harus searah, sehingga perencanaan dan pengawasan program pembangunan desa bias terlaksana dengan sebaik-baiknya, “ ungkap HM Wardan ketika meresmikan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), sekaligus melantik jajaran pengurus Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Gaung, Rabu (14/1).


Selain itu, bupati juga meminta BPD untuk memaksimalkan persiapan menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pikades) di wilayah kerjanya masing-masing agar proses demokrasi dengan tujuan melaksanakan pembangunan daerah berjalan aman dan lancar.


Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Lahang Baru, Kecamatan Gaung ini turut dihadiri sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, Camat dan Upika, serta Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Gaung.


“Salah satu fungsi BPD adalah mempersiapkan bagaimana penyelenggaraan Pilkades agar berjalan dengan baik dan lancar, serta melibatkan semua perangkat desa, sehingga tercipta suasana yang kondusif di tengah-tengah masyarakat, “ ujar Wardan.


Camat Gaung, H Syahbudi menjelaskan bahwa pelaksanaan program DMIJ di wilayah kerjanya sudah mampu menyerap dana sebesar Rp8,3 miliar, terdiri dari belanja fisik/non fisik terdapat 86 paket kegiatan yang bernilai sebesar Rp5,6 miliar dan belanja operasional sebesar Rp2,6 miliar.


"Data yang ada tentang program Maghrib Mengaji di Kecamatan Gaung yang terdiri dari 15 desa, yakni berjumlah 131 TPA, dengan satu orang guru mengaji di setiap TPA dan jumlah murid sebanyak 2.195 orang dengan alokasi dana yang terserap untuk program Maghrib Mengaji ini, sebesar Rp231 juta lebih, , “paparnya melaporkan.***Markoni