Perbaikan Jalinsel Menunggu Program Multiyears

Selasa, 13 Januari 2015

Suharto,SH

PELITARIAU,Rengat - Rencana perbaikan jalan Lintas Selatan (Jalinsel) yang rusak sejak beberapa waktu lalu belum ada kejelasan. Padahal masyarakat sagat berharap, jalan ini mulus seperti jalan di daerah lain.

“Perbaikan Jalinsel butuh dana besar. Salah satu cara menuntaskanya adalah dengan meprogramkan kembali proyek multiyears atau tahun jamak,”ujar Aggota DPRD Inhu asal Dapil II Suharto,SH

Hal itu diungkapkaya, menjawab Pelitariau.com, kemarin di Pematangreba. Dikatakan, Jalinsel kini yang rusak sekitar 17 KM, yaitu dari Desa Aur Cina- Lubuk Kandis di Kecamatan Batang Cenaku.

Sebelumnya, Pemprov Riau sudah memprogramkan proyek multiyears untuk jalan tersebut, dengan dana APBD Riau. Namun sejak 2014 lalu program ini  sudah terhenti, sebab tidak lagi dianggarkan di APBD Riau.”Tahun 2014 tidak ada lagi aggaran, untuk perawatanpun tidak ada,”ujar Suharto.

Jalinsel ini menghubugkan tiga Kabupaten di Riau Selatan. Karena dari Batang Cenaku Kabupaten Inhu, jalan ini tembus ke Lubuk Jambi Kabupaten Kuansing. Selanjutnya dari Batang Cenaku, jalan ini juga menghubungkan sejumlah daerah di Kabupaten Inhil ,yaitu pelabuhan Samudera Kuala Enok.

Pada musim hujan lalu, jalan ini hampir tak bisa dilewati, karena licin dan berlumpur, sehingga traspotasi tidak lancar. Bukan hanya roda empat, kendaraan roda duapun sulit melewati jalan rusak tersebut.***(alf)