Jalan Napal Peranap dan Jalinteng Hancur, Anggota DPRD Inhu Asal Daerah Itu Lapor ke Gubernur

Kamis, 21 Januari 2021

Anggota DPRD Inhu Dodi Irawan dan Chandra Saragih menjelaskan kerusakan jalan napal dan jalan lintas tengah akibat beratnya tonase batu bara dan angkutan kayu PT RAPP

PELITARIAU, Inhu - Kondisi sejumlah ruas badan jalan milik Provinsi Riau di Kecamatan Peranap Kabupanten Indragiri hulu (Inhu) sangat memprihatinkan, rusaknya jalan tersebut mulai dari Simpang Tugu Napal sampai dengan ke desa Semelinang Laut sepanjang lebih kurang 35 KM.

Selain jalan Napal Kecamatan Peranap di Inhu yang rusak berat, jalan Lintas Tengah (Jalinteng) mulai dari Simpang Japura Kecamatan Lirik sampai ke Peranap, kerusakan tersebut akibat dari beratnya tonase armada batu bara dan armada angkutan kayu milik PT RAPP.

"Saya sudah capek mediasi dengan orang kecamatan, perusahaan dan instansi terkait, namun tidak ditanggapi juga," kata anggota DPRD Ingu asal Dapil III Dodi Irawan,SHi Kamis (01/01/2021) di Pematangreba.

Politisi PKB Inhu itu, juga menyampaikan kalau ia akan menyurati Gubernur Riau sebagai tindak lanjut kejelasan dalam perbaikan jalan di Kecamatan Peranap yang tanggung jawab Pemrov Riau.

"Besok saya akan kirim surat ke Pemprov Riau melalui Dinas PUPR Riau, Dinas Perhubungan dan lainya, saya mau tau apa betul sebenarnya permasalahan jalan yang ada di Kecamatan Peranap itu," tambahnya.

Tambah Dodi Irawan, jalan yang rusak berat tersebut sepanjang 35 KM tersebut sangat Vital, sebab melintasi beberapa desa di Tiga Kecamatan.

"Jalan itu satu-satunya akses menuju beberapa desa di Tiga kecamatan, yakni Kecamatan Peranap, Rakit Kulim dan Batang Peranap," terangnya.

Selain jalan Simpang Napal, ia juga menyorot beberapa titik jalan di lintas tengah mulai dari Simpang Japura hingga ke Peranap.

"Masih banyak sebenarnya jalan yang rusak di ruas jalan Lintas Tengah ini, khususya di Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang, disitu entah berapa kali mobil Terbalik," terangnya dengan wajah miris.

Kemudian ditempat yang sama, Chandra Saragih SE anggota DPRD Inhu asal daerah tersebut juga menambahkan, bahwasanya jalan Simpang Tugu Napal tersebut sudah dua tahun lebih tidak terurus .

"Sudah lama jalan kami terbengkalai, seolah ada pembiaran dari Pemrov Riau, jalan itu rusak akibat adanya angkutan batu bara dan mobil kayu bertonase berat," tutupnya. **Prc