Jualan Online Solusi Bisnis Ditengah Pandemi

Rabu, 20 Januari 2021

PELITARIAU, Batang Cenaku - Bisnis Online mungkin bisa sedikit membantu perekonomian keluarga di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti  saat ini, berjualan secara online selain dengan biaya murah, juga sangat mudah dilakukan oleh siapa saja yang ingin menggelutinya.

Seperti yang dilakukan oleh Rinda Irianti Jamrus ( 29 )  ibu rumah tangga yang berdomisili di Desa Kuala Kilan, Kecamatan Batang Cenaku, kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), yang menggeluti bisnis online shop dengan nama Toko Online "Lapak Awfiyah" ini, Rabu ( 20/01/2021 ) siang.


Ia menghabiskan waktu luang dengan berjualan berbagai produk di media sosial miliknya.


"Kalau saya jualan disela-sela waktu saja, sambil ngurus rumah dan anak, saya sempatkan memposting gambar produk di media Facebook  milik saya yaitu (Rinda Irianti Jamrus),".


Ia juga menambahkan kalau produk yang ia jual semuanya berkaitan dengan peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.


"Kalau saya menjual hampir semua produk, tergantung trend saat ini, pokoknya produk kekinianlah, mulai dari pakaian, makanan, dan alat rumah tangga," ujarnya sambil memperlihatkan produk yang ia jual.


Ditanya apakah ia memproduksi sendiri atau membeli dari grosiran, ia menjawab semua produknya diperoleh dari toko online yang ada di market place / e comerce resmi.


"Sekarang kan banyak aplikasi jualan online yang menjual produk-produk yang kita butuhkan, selain harga murah juga motif atau modelnya juga terbaru, saya cukup memposting ulang produk tersebut di media sosial saya, kalau ada yang pesan, maka saya akan pesan dan membeli di toko online tersebut, setelah produk yang saya beli datang kerumah, barulah saya hubungi pembeli yang memesan di FB saya secara online pula," terangnya.


Kegiatan jual beli secara online ini ia lakukan setiap hari dan ia mengaku sangat senang dengan bisnis rumahan tersebut.


"Saya jualan tiap hari, alhamdulilah bisa bantu ekonomi keluarga, apalagi saat Covid ini, saya tetap berada di rumah dan menerapkan protokol kesehatan tapi bisnis tetap jalan," tambahnya.


Untuk menghindari penipuan Ia juga menyarankan bagi pemula, jangan sembarangan beli produk di toko online yang menawarkan produk dengan harga tidak wajar, sebab sangat rawan dengan penipuan.


"Tapi untuk pemula harap hati-hati ya, sekarang banyak penipu dengan modus menjual dengan harga murah, setelah di tranfer malah barangnya tak datang, pkoknya tetap waspada," tutupnya. **prc4