Joe Biden Menang, Kamala Harris Jadi Wapres Perempuan Kulit Hitam Pertama di AS

Ahad, 08 November 2020

Kamala Harris. (AP/Julio Cortez).

PELITARIAU - Kamala Harris akan menjadi perempuan pertama sekaligus wakil presiden kulit hitam dan Asia Selatan pertama di Amerika Serikat. Berdasarkan CNN Projection, Harris menjadi Wakil Presiden Terpilih bersama Presiden Terpilih Joe Biden.

Harris, yang telah mewakili California di Senat sejak 2017 adalah putri dari seoran imigran Jamaika dan India. Harris tumbuh besar di gereja Black Baptist dan kuil Hindu.


Sebelumnya, dia adalah wanita India-Amerika pertama dan wanita kulit hitam kedua yang menjabat sebagai senator.


Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Haris keluar sebagai pemenang dalam pilpres AS 2020 yang digelar Rabu (3/11) waktu setempat.


Biden dan Harris berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J. Trump dan Mike Pence di Pennslyvania.


Berdasarkan hasil CNN Projection, Joe Biden akan menjadi presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.


Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 213 suara. **prc4


sumber: cnnindonesia