Wagubri Ikuti Kampanye GNN ASN Secara Virtual

Kamis, 08 Oktober 2020

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution

PELITARIAU, Pekanbaru - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution mengikuti kampanye Gerakan Nasional Netralitas Aparatur Sipil Negara (GNN ASN) secara virtual yang ditaja Komisi ASN RI di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (07/10/2020).

Kampanye GNN - ASN merupakan upaya bersama mewujudkan netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Disampaikan Ketua KASN RI, Agus Pramusinto saat membuka kampanye tersebut secara virtual.


"Netralitas ASN merupakan platform kebijakan reformasi birokrasi dengan asas netralitas menjadi bagian dari etika dan perilaku yang wajib dilakukan oleh setiap ASN sebagai penyelenggara negara," katanya.


Menurutnya pelanggaran terhadap asas netralitas akan menjadi pintu masuk munculnya berbagai gangguan dan pelanggaran hukum lainnya, seperti kualitas pelayanan publik yang rendah, tindak KKN serta perumusan dan penetapan kebijakan yang mencederai kepentingan publik.


Untuk itu, harapnya, seluruh pegawai ASN agar membangun kesadaran, kemauan, dan tanggung jawab ASN, berkenaan dengan etika dan perilaku imparsialitas, yang memiliki arti tidak berpihak, bebas dari konflik  kepentingan bebas dari kepentingan politik dan bersikap adil.


"Idealnya peran dan kewenangan ASN harus semakin di perkuat, kebijakan pemberian kewenangan eksekusi sanksi secara langsung kepada KASN tentu akan meningkatkan fungsi pengawasan KASN menjadi semakin efektif," tambahnya.


Selanjutnya, ia menuturkan KASN sebagai instansi yang melindungi profesi ASN, juga memberikan perhatian penuh terhadap pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid 19.


Ia mengimbau agar seluruh penyelenggara pilkada memberi perhatian dan perlindungan kepada ASN yang bertugas menjadi pelaksana pada tahapan pilkada tahun 2020 baik di KPU, Bawaslu pusat sampai ke kecamatan, desa/ kelurahan, Kesbangpol, Satpol-PP serta unit kerja lainnya yang berhubungan dengan masyarakat.


"Komitmen melindungi ASN merupakan tanggung jawab moral untuk menyelamatkan dan menjaga kesehatan para ASN agar tidak menjadi problem klaster baru Covid 19 di setiap daerah pilkada," ujarnya.


Ia mengharapkan GNN ASN menjadi harmoni penguatan implementasi pelaksanaan pengawasan netralitas ASN dalam pilkada serentak akhir tahun 2020 mendatang.


"Semoga terwujud ASN yang netral, bebas dan intervensi politik dan bebas konflik kepentingan, profesional dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," harapnya.


Turut mendampingi Wagubri, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya dan Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Sudarman. **prc4


sumber: mediacenter