Ihsan Satria ( The Kribo ) sang Breeder Muda Cupang Hias

Senin, 28 September 2020

Credit Gambar / Istimewa

PELITARIAU - Pecinta ikan cupang atau betta fish tanah air makin ramai belakangan. Komunitas pecinta cupang makin luas dari anak-anak hingga orang dewasa, dari fotografer, film makers, maupun selebritis.

Nama jenis ikan cupang pun makin populer, selain ikan cupang khas Indonesia serit atau nama kerennya Crown Tail, ada beberapa jenis lain nya seperti Halfmoon, Plakat, Dan Giant. mengikuti perkembangan jaman dan jenis ikan berdasarkan bentuk dan warna. Ikan cupang ini memang banyak terdapat di rawa-rawa atau sungai-sungai di kawasan tropis di Asia Tenggara. Dengan seiring berjalan nya waktu, para breeder mulai membudidayakan ikan cupang dengan strain tersendiri khususnya di ikan cupang hias. ikan cupang bisa hidup di dalam air rawa yang minim oksigen dan pekat. Bisa dikatakan ikan cupang ini tipe ikan yang tahan banting sehingga mudah untuk dirawat.


Siklus hidup ikan cupang cukup unik, setelah betina bertelur yang menjaga telur dan anak cupang adalah cupang jantan. Cupang jantan membuat gelembung-gelembung udara di permukaan air untuk tempat benih telur.


Telur dan anak ikan cupang bisa berjumlah ratusan ekor, kecil-kecil sehingga untuk memberi makan pun harus makanan super kecil berupa artemia atau baby shrimp ataupun kutir (kutu air). Dalam perawatan harus ekstra hati-hati selain kualitas makanan juga harus memperhatikan kualitas air. Kesehatan dan daya tumbuh ikan cupang bergantung pada dua hal tersebut. Kerumitan dan kehati-hatian kombinasi yang cukup sulit untuk dilakukan kecuali oleh orang-orang yang 'bertangan dingin' dan penuh pengalaman.


Ihsan Satria atau nama akrabnya ican adalah salah satu anak muda yang masih berkuliah di Universitas Pamulang jurusan komputer tahun keempat yang terjun ke dunia peternakan ikan cupang. Ihsan, kini menjadi salah satu breeder atau pemijah yang dikenal spesialis cupang Crown Tail di pemijahan ikan cupangnya (Betta Farm) di seputar Parung.


Ihsan boleh dikatakan belajar dari nol dalam mempelajari ikan cupang. Awalnya dia hanya menjaga dan ikut merawat ikan cupang. Kini Ihsan atau dikenal para pecinta cupang sebagai Ihsan kribo karena rambitnya keriting dan kribo sudah mulai mahir memijah ikan-ikan cupang berkualitas tinggi.


Selain menjadi breeder ikan cupang Ihsan juga rutin menyelenggarakan lelang online di Instagram dengan nama @bandarcupangparung. Ihsan bertindak sebagai juru lelang dalam menjual ikan-ikan hasil pembiakannya.


"Lumayan, cukuplah untuk bisa membiayai operasional farm dan menyicil dana investor hasil dari penjualan ikan," ujarnya ketika ditanya berapa omzet dari penjualan ikan cupang di peternakannya. Ihsan memang tidak sekedar mencari untung dia juga ingin menjaga kelestarian ikan cupang lokal khas Indonesia dan tradisi penggemar ikan cupang dari generasi ke generasi.


Ihsan ingin terus belajar dan mencari cara terbaik untuk bisa menjadi breeder yang lebih baik sehingga bisa melahirkan ikan-ikan cupang yang bagus secara bentuk dan warna juga sehat dan kuat secara fisik.


Dan dia mempunya misi bahwa akan terus menggali potensi untuk mengenalkan crowntail ke seluruh dunia. **prc4