Kerja Sama Panen Ikan Nila Oleh Tim Pengabdian Kukerta Unri Bersama BUMDesa Rantau Sialang

Sabtu, 22 Agustus 2020

PELITARIAU, Kuansing - Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2020 turut serta dalam kegiatan panen ikan yang dilaksanakan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) desa Rantau Sialang, yang terletak di Danau Kebun Nopi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Senin (06/07/2020). 

Kepengurusan BUMDES ini terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat. Keberadaan BUMDES ini sangat penting karena dinilai mampu menghidupkan perekonomian desa secara mandiri. Ikan yang dibudidayakan di Kolam Ikan BUMDes Rantau Sialang adalah Ikan Nila. Ikan yang telah dipanen ini dapat dijual belikan atau juga dibagikan kepada masyarakat desa Rantau sialang tentunya.

Bersama pemuda pengurus BUMDes, Mahasiswa Kukerta Unri bekerja sama khususnya pada unit kolam ikan. Pemanenan ini dijadwalkan pada pukul 14.00 siang dimana Mahasiswa ikut terjun langsung untuk penangkapan ikan yang siap dipanen. Kegiatan panen ikan berlangsung selama 3 jam hingga pukul 17.00 sore.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Rantau Sialang, Syafriadi kepada wartawan, pembudidayaan bibit ikan ini dengan tujuan utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Rantau Sialang. 

Lanjut Syafriadi, selain dikelola oleh pihak Pemerintah Desa, BUMDes juga akan melibatkan para pemuda yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dilakukan agar dapat membantu perekonomian masyarakat yang ada di desa ini, apalagi mengingat situasi saat ini di tengah pandemi virus Covid-19 ini perekonomian masyarakat semakin tergerus.

Sementara itu, salah satu pengurus BUMDes Rantau Sialang mengatakan BUMDes dapat membantu mewujudkan program ketahanan pangan ditengah pandemi corona. 

BUMDes ini sebenarnya merupakan salah satu langkah dari pemerintah pusat dalam upaya pemerataan pembangunan ekonomi. Dengan pemerataan perekonomian ini diharapkan tidak terjadinya jurang pemisah atau kesenjangan antara masyarakat kota dengan desa. 

"Selain dari pada itu, diharapkan masyarakat pedesaan bisa memiliki kemandirian dalam upaya memajukan desanya," harapnya. **Prc1/ki