DPPKP Meranti Turunkan Tim Periksa Sapi 2014

Ahad, 28 Desember 2014

internet

PELITARIAU, Selatpanjang- Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti menurunkan Tim Pemeriksa kegiatan pengadaan Sapi Tahun Anggaran 2014 ke sejumlah Desa. Selain untuk memenuhi ketentuan pelaksanaan program, pemeriksaan itu juga untuk menyikapi laporan masyarakat.


Demikian diungkapkan Kepala DPPKP Kabupaten Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, saat dikonfirmasi wartawan tentang pelaksanaan proyek pengadaan Sapi yang dianggarkan melalui APBD Perubahan Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2014 ini.

"Memang saya juga mendapatkan informasi tentang kondisi sapi yang sudah disalurkan kepada masyarakat di sejumlah Kecamatan yang katanya kecil-kecil. Untuk itu diturunkan Tim Pemeriksa didampingi PPL melakukan pengecekan di lapangan dan menyampaikan Berita Acara hasil pemeriksaan paling lambat senin nanti," ungkapnya.

Dikatakannya, proyek pengadaan sapi Tahun Anggaran 2014 tidak hanya berasal dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti, namun juga ada yang berasal dari proyek pengadaan oleh Dinas Peternakan Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat.

"Kalau dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti bernilai sekitar Rp3 Miliar lebih, yang berasal dari aspirasi Dewan untuk bantuan kepada kelompok peternak dengan jumlah sekitar 400 ekor lebih. Sedangkan dari Provinsi sekitar 90 ekor yang juga dengan pola kirim barang," ujarnya.

Dijelaskan Kadis, hingga saat ini pihaknya belum memproses pembayaran pekerjaan kepada para rekanan pengadaan. Untuk memastikan hasil pengadaan itu diterima oleh masyarakat, pihaknya melalui Tim yang turun ke lapangan memintai pernyataan dari masyarakat penerima bantuan.

"Surat pernyataan tentang kesediaan menerima kondisi bantuan sapi yang disalurkan oleh rekanan. Kemudian pernyataan bahwa bantuan itu nantinya tidak dijual, namun mesti dirawat dan dikembangbiakkan oleh penerima bantuan," jelasnya (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad