UNIKS Berikan Edukasi Ketahanan Pangan dan Pemberian Hasil Panen Kepada Masyarakat

Senin, 10 Agustus 2020

PELITARIAU,Kuansing-Virus Corona (covid-19) telah menghantam seluruh sendi kehidupan masyarakat di dunia, salah satu Indonesia Kabupaten Kuantan Singingi khususnya.

Dengan penyebaran virus Corona tersebut, Universitas Islam Kabupaten Kuantan Singingi (UNIKS) mengadakan seminar sehari.

Seminar mengangkat tema, "Edukasi ketahanan pangan kepada masyarakat Kabupaten Kuansing dalam pandemi covid19". 

Seminar laksanakan di Kampus Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) Kebun Nenas Teluk Kuantan, senin (10/8/2020).

Seminar di buka langsung oleh Rektor UNIKS Ir. Hj. Elfi Indrawanis, MM dan peserta, perwakilan masyarakat dari desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) berharap dengan dilaksanakan seminar ini, agar masyarakat memulai berdikari pangan dari rumah atau desa masing-masing.

Sehingga, "Kita bisa bertahan menghadapi pandemi virus Corona (covid-19) ini, bahkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga",harap Elfi Indrawanis.

Zul Ammar, SE, ME sebagai pemateri dalam seminar mengangkat tema "Pembangunan Ekonomi Desa Dalam Masa Pandemi covid-19".

Zul Ammar memaparkan dimasa Pandemi ini Desa harus pandai mengembangkan potensi ekonomi yang ada di Desa Masing-masing untuk mendapatkan penghasilan Desa.

Misalkan Desa yang potensi nya air harus membuat Wisata Danau, Desa yang potensinya Pertanian harus memanfaatkan lahan kosong yang ada di Desa tersebut untuk meningkatkan pemasukan Desa dan masyarakat nya, jelas Ammar.

Sementara itu, Deno Okalia, SP, MP, mengajak seluruh peserta seminar ayo menanam untuk berdikari pangan, mari kita manfaatkan lahan tidur untuk produksi pangan, ajak Deno.

Diakhir seminar ditutup dengan pembagian hasil pangan kepada peserta, dari produksi kebun Edupark UNIKS.**