Gelombang Laut Meranti Tinggi, Nakhoda Kapal Diminta Berkoordinasi

Selasa, 23 Desember 2014

Kapolres Kep. Meranti

PELITARIAU, Selatpanjang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau merilis prediksi cuaca dan ketinggian laut di perairan Riau termasuk Kepulauan Meranti. Nakhoda kapal diminta terus berkoordinasi dengan instansi terkait, karena gelombang laut bisa mencapai 2,5 Meter.


Demikian diungkapkan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, melalui Blackberry Messengernya kepada sejumlah wartawan di Selatpanjang, Senin (22/12), sebagaimana update informasi yang disampaikan dari Kepala BMKG Provinsi Riau, Sugarin.

"Untuk wilayah Kepulauan Meranti gelombang laut berkisar 1,75 sampai 2,5 meter dengan arah gelombang dari Utara ke Selatan. Ini perlu diwaspadai karena akan berlangsung sampai Januari 2015 yang disertai angin cukup kencang," ungkap Kapolres.

Untuk itu, lanjutnya, perlu dihimbau juga kepada para nelayan atau nakhoda kapal untuk berhati-hati dan mencari tempat berlindung bila cuaca memburuk, sampai cuaca cukup aman untuk bisa berlayar kembali.

"Himbauan saya agar nelayan atau nakhoda di Kepulauan Meranti senantiasa menjaga kebugaran Fisik, Kesehatan dan utamakan keselamatan pribadi dan penumpang saat berlayar. Perhatikan betul prakiraan cuaca melalui info BMKG," ingatnya.

Sebagaimana info cuaca dari BMKG Riau tanggal 22 Desember 2014 update pukul 16.00 WIB berlaku hingga tanggal 23 Desember 2014 Pukul 16.00 WIB, angin secara umum dari arah Barat menuju Timur Laut dengan kecepatan 05 sampai 25 knot (09 - 45 km/jam).

Sedangkan temperatur maksimal 32.0 sampai 34.0 derajad Celcius, Temperatur minimal 21.0 hingga 23.0 C, Kelembaban maksimal 96 sampai 99 persen dan Kelembaban minimal 52 - 62 persen.

"Peluang hujan ringan hingga sedang disertai petir pada sore dan malam hingga pagi hari terjadi di sebagian besar wilayah Riau, termasuk Kepulauan Meranti. Silahkan saja berlayar, namun dilihat situasi, apabila angin cukup kencang dan gelombang tinggi silahkan berlindung atau merapat ke tepian," sarannya.

Untuk sementara, ingatnya lagi, Ferry pengangkut penumpang selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan atau instansi terkait lainnya agar keselamatan dalam berlayar selalu terjaga. "Informasi prakiraan cuaca ini akan selalu up-date dari BMKG sampai pertengahan Januari 2015," (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad