Tokoh Riau dan Birokrat Senior Wafat

Senin, 22 Desember 2014

warga mengantarkan almarhum Akmal JS ke peristiratan terakhir (ktc)

PELITARIAU,Telukkuantan – Ribuan pelayat  datang silih berganti melayat ke rumah orang tua almarhum Drs H.A Akmal, JS, MA, tokoh masyarakat Riau, mantan birokrat senior Riau dan tokoh pendiri Kabupaten Kuansing di kampung halaman nya di Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Jumat ( 19/12//2014) siang.

 

Diantara pelayat yang hadir tampak hadir Bupati Kuansing H Sukarmis, para pejabat Pemkab Kuansing, tokoh masyarakat Kuansing, masyarakat umum dan tidak ketinggalan kalangan guru yang ada di Kuansing.

 

Almarhum Akmal JS, memang berwasiat kepada keluarga sebelum menghembuskan nafas terakhirnya agar setelah wafat dimakamkan di pemakaman keluarga yang ada di belakang surau Al-Joho di desa Jake. Surau tersebut juga didirikan keluarga besar almarhum.

 

“ Itu pesan terakhir beliau sebelum meninggal, agar dimakamkan di kampung halaman, almarhum ingin dekat dengan keluarga besar dan orang-orang yang dicintainya,”ujar Hasanusi, JS , abang kandung almarhum kepada media usai pemakan, Jumat siang surau Al-Joho.

 

Sebelum dikebumikan di pemakaman keluarga, para pelayat, kerabat dan handai taulan menunggu kedatangan jenazah yang tiba sekitar pukul 11.00. Tangisan haru keluar dari keluarga dan kerabat saat jenazah tiba di rumah duka, banyak yang meneteskan air mata saat jenazah salah seorang pendiri Kabupaten Kuansing itu diusung masuk kerumah.

 

Kesedihan warga Desa Jake dan Kuansing beralasan, karena jasa almarhum cukup besar, baik sebagai tokoh masyarakat Riau, tokoh pendidikan, tokoh Kuansing  bagi Desa Jake , Kuansing dan Riau sendiri. Almarhum salah satu yang berhasil berkarir di Pemerintah Kota Pekanbaru dan pemerintah provinsi Riau yang memberi kebanggaan bagi Desa Jake dan Kuansing secara umum.“ Beliau cukup membuat nama desa Jake disegani, wajar Kami merasa kehilangan ,”ujar Riyaldi salah seorang pemuda Desa Jake.

 

Usai warga bergantian melayat alharhum selama lebih kurang satu jam, setelah itu jenazah diiringi pelayat menuju Mesjid As-Syuhada Desa  Jake untuk disholatkan seusai sholat Jumat . Ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan terlihat mengikuti sholat jenazah mantan birokrat yang sempat memegang sejumlah jabatan strategis di Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau.(ktc/cr.alfi)

 

 

Editor:Alfi Amd