Bupati Pelalawan Tegaskan Camat, Lurah/Kades Agar Berikan Pelayanan Prima

Sabtu, 20 Desember 2014

Bupati Pelalawan

PELITARIAU, Kerinci - Saat ini, ada beberapa hal yang mendasar menjadi perhatian oleh Camat, Lurah/Kades dan ketua BPD dalam melaksanakan tugas. Tugas aparatur adalah bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.


Demikian ditegaskan Bupati Pelalawan HM Harris pada media ini, Jum'at (19/12) kemarin di Pangkalan Kerinci. Menurutnya, upaya peningkatan pelayanan di bidang pemerintahan harus terus ditingkatkan dengan memaksimalkan segala sarana yang ada dan tetap mengedepankan citra pembangunan yang good government and clear government.

"Ya, pelayanan kepada mayarakat diharapkan terus ditingkatkan, seperti meningkatkan sistem pelayanan maksimal kepada masyarakat yang kurang diperbaiki, yang sudah baik dipertahankan dan ditingkatkan. Yang di dalamnya terkandung mengadakan 

perubahan, sekaligus mencari peluang untuk meraih kemajuan diri," terang Bupati.

Mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini mengungkapkan, bahwa pemerintah desa adalah ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan. Pemerintah desa yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat hendaknya selalu tanggap dan proaktif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Untuk itu, saya minta Kades agar selalu meningkatkan pemahaman pemerintahan desa, karena peningkatan pelayanan di bidang 
pemerintahan harus maksimal," bebernya.

Ditambahkan Harris, bahwa dirinya mengharapkan para kepala desa lebih memahami kewenangan dan kelembagaan desa, produk hukum desa, administrasi desa dan pelaporan, perencanaan pembangunan desa,keuangan dan kekayaan desa.

"Selain itu juga, Kades juga harus bisa memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat serta merangkul seluruh unsur elemen agar dapat berperan seperti  peran adat dalam melaksanakan pembangunan desa dan peran agama dalam membangun karakter masyarakat desa," paparnya.

Dijelaskannya, bahwa desa sangat penting untuk dibangun karena posisinya sangat vital dalam mendorong pertumbuhan dan membangun ekonomi daerah. Pasalnya, potensi kekayaan alam di Kabupaten Pelalawan ada di desa.
"Kalau pembangunan desa terus ditingkatkan, otomatis sumber daya alam yang melimpah di daerah ini akan dapat dikelola karena potensi sumber daya alam tersebut umumnya terdapat di desa," tegas Bupati.

Menurutnya, kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Pelalawan seperti di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan pertambangan umumnya berada di desa sehingga ketika desa dibangun maka akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ini.

"Dalam membangun desa, maka perlu membangun infrastruktur berupa jalan dan jembatan, selain itu memenuhi seluruh kebutuhan sarana dan yang dibutuhkan untuk menunjang pengelolaan sumber daya yang ada di desa," ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa peran kades dalam melakukan deteksi dini untuk menjaga stabilitas daerah dan mewujudkan ketentraman
masyarakat, tata kelola pemerintahan desa dan usaha pemerintahan ekonomi, pembangunan partisipatif desa berbasis potensi, sangat diharapkan.

"Dan jika itu bisa terwujud, maka insya Allah pemerintahan di tingkat desa akan bisa berjalan dengan baik serta kehidupan masyarakat akan bisa lebih maju. Apalagi saat ini, Pemkab Pelalawan telah menerapkan program pembangunan infrastruktur desa (PPIDK) untuk kesejahteraan masyarakat," tutupnya. (kor. htl)
 

Editorial: rio ahmad