A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$nama2

Filename: controllers/berita.php

Line Number: 315


Di Riau, Hanya Rohil yang Boleh Sekolah Tatap Muka

Rabu, 17 Juni 2020

Mimi Yuliani Nazir.

PELITARIAU, Rohil - Kepastian soal pembukaan sekolah akhirnya terjawab. Pemerintah memperbolehkan sekolah kembali dibuka. Tapi, hanya untuk satuan pendidikan di wilayah zona hijau pandemi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan daerah yang berstatus zona hijau sudah boleh melaksanakan sekolah secara tatap muka. Hal tersebut juga sesuai arahan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 pusat.

"Namun pelaksanaan sekolah tatap muka tersebut tetap harus melakukan protokol kesehatan. Harus mengantongi izin pemerintah daerah setempat, dan tidak boleh memaksakan murid untuk hadir jika tidak diizinkan orangtuanya," kata Mimi dikutip dari riaupos.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pelaksanaan sekolah tatap muka di zona hijau tersebut juga harus dilakukan secara bertahap. Yakni tahap pertama untuk sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama yang dilaksanakan selama dua bulan.

"Setelah dua bulan, kalau tidak ditemukan kasus positif Covid-19 di zona hijau maka sekolah dasar juga sudah bisa sekolah tatap muka. Setelah itu baru tingkat pendidikan anak usia dini. Namun jika dalam masa uji coba tersebut ditemukan kasus positif, maka sekolah bisa diliburkan lagi," sebutnya.

Meskipun sekolah tatap muka nantinya sudah dilaksanakan, ada beberapa aturan yang juga harus dipatuhi. Seperti tidak melaksanakan kegiatan olahraga, ekstrakurikuler dan juga tidak jajan di kantin.

"Untuk daerah dengan status zona hijau di Riau data terakhir itu Kabupaten Kuantan Singingi dan Rokan Hilir (Rohil). Namun dengan adanya kasus positif Covid-19 dari Kuantan Singingi, kami masih menunggu apakah ada perubahan zona di sana," ujarnya.

Dengan demikian, praktis hanya Rohil yang hingga saat ini belum ditemukan adanya pasien positif Covid-19. Untuk itu, hampir dipastikan Rohil sudah bisa melakukan sekolah tatap muka.

"Iya Rohil sudah boleh melaksanakan sekolah sistem tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," katanya. **prc4


sumber: halloriau.com