Dari 563 Universitas di Indonesia, Unilak Peringkat 191 Versi 4ICU

Sabtu, 06 Juni 2020

PELITARIAU, Pekanbaru - Dalam daftar yang bisa di akses di situs www.4icu.org, untuk Indonesia ada lebih dari 563 universitas.

Peringkat pertama di Indonesia jika dilihat PTN negeri, diraih oleh Universitas Gajahmada (UGM). Untuk di Indonesia, Unilak berada di peringkat 191.


Sementara jika dilihat berdasarkan provinsi (Riau), maka Unilak berada di peringkat 4 besar kampus di Riau versi lembaga pemeringkat 4 internasional colleges & Universities tahun 2020.


Peringkat pertama dan dua diisi oleh PTN di Riau. Untuk perguruan tinggi swasta Unilak berada di peringkat 2. 4ICU memiliki kriteria penilaian kepada setiap universitas yang di survey, 4ICU lebih menyoroti bidang digital dan tautan.


Menanggapi hasil pemeringkatan dari 4ICU ini, Rektor Unilak Dr. Junaidi SS MHum mengatakan, pemeringkatan tersebut merupakan kabar bagus di saat wabah corona dan disaat banyak mahasiswa dan orangtua menentukan tempat kuliah.


"Unilak dalam bidang teknologi memang memberikan perhatian lebih. Dengan perolehan akreditasi A dan B pada program studi dan akreditasi B pada institusi, Unilak meraih rangking 191 di Indonesia. Ini membuktikan Unilak menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Riau dan provinsi lain. Di usia 38 tahun, unilak semakin berkualitas dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain di indonesia," papar Rektor.


Selama masa wabah Corona, sebut Rektor, Unilak tidak ada masalah dalam perkuliahan kuliah daring. Bahkan empat hari pertama setelah ditetapkan mulai kuliah daring, ada lebih dari 460 sesi kuliah dan diikuti oleh 4.420 mahasiswa.


"Dalam bidang teknologi, Unilak telah banyak melakukan perubahan besar. Beberapa di antaranya, pelaksanaan ujian masuk mahasiswa baru bisa online,  sistem perkuliahan dengan blended learning, absensi dosen pegawai online, elibrarry, layanan admistrasi,, jurnal elektronik, e office, dan lain lain. Website Unilak telah terkoneksi fakultas dan unit-unit lainnya," beber Rektor.


Informasi ini, ujar Dr Junaidi, tentu menjadi informasi bagus bagi orangtua atau calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah. Artinya, Unilak mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di pulau Jawa.


"Kita tahu, untuk universitas di Indonesia ada lebih dari 1000. Dan Unilak berada di peringkat 191 versi 4ICU.org," sebut Rektor seraya mengungkapkan, saat ini, jurusan di Unilak telah berakreditasi A dan B. Dalam PMB Unilak memberikan diskon hingga 50 persen untuk biaya pengembangan.


"Jadi silahkan mendaftar di Kampus Unilak, dengan mengakses www.pmb.unilak.ac.id," ajak Dr Junaidi. **prc4