Pancasila Harus Terus Jadi Nilai yang Hidup dan Bekerja Dalam Kehidupan Kita

Senin, 01 Juni 2020

Peringatan hari lahir Pancasila 2020 dilakukan secara virtual

PELITARIAU, Jakarta - Pancasila harus terus jadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Demikian diungkapkan Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor, Jawa Barat dalam upacara memperingati har6i lahir Pancasila secara virtual.

Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang sangat berbeda di tahun 2020 ini, karena dilakukan secara virtual. Upacara tersebut diikuti Wakil Presiden Ma'ruf Amin dari kediamannya di Jakarta Pusat.


Upacara ini berlangsung selama 30 menit. Sejumlah Pejabat seperti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi serta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy turut ikut serta.


Upacara diawali dengan pembacaan teks pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD oleh Ketua DPR, Puan Maharani.


Setelah itu, Presiden Jokowi memberikan amanat upacara. Dalam amanat yang diberikan, Presiden mengingatkan warga Indonesia agar tetap bersyukur, meski tengah berada dalam wabah pandemi Covid-19. Jokowi menambahkan, nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan di dalam kehidupan sehari-hari.


"Pancasila harus terus jadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat bangsa Indonesia," ujar Jokowi.


Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila itu ditutup dengan doa yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy. **prc4


sumber: cakaplah