Warga Rohul Dikagetkan Dengan Munculnya Beruang Madu

Selasa, 16 Desember 2014

Ilustrasi @net.

PELITARIAU, Pasirpangaraian- Sudah satu pekan terakhir, seekor beruang madu bermoncong putih dikabarkan masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Informasi sejumlah warga menyebutkan, satu pekan lalu, beruang madu yang tidak diketahui jenis kelaminnya dengan tinggi sekitar 1 meter, awalnya terlihat di Kilometer 12 Pesagang, Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah. Satwa liar ini baru terlihat pada malam hari.

Saat ini, satwa liar dilindungi negara itu telah bergerak ke semak belukar di daerah Kampung Baru, sekitaran Desa Koto Tinggi dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah.

Penampakan beruang madu bermoncong putih oleh warga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rohul Sugiyarno. Namun diakui dia, laporan warga belum pasti, karena petugas sedang berada di lapangan. Seperti dilansir riauterkini.

"Sudah ada petugas yang diturunkan untuk memantaunya. Katanya sudah masuk ke Kampung Baru (Desa Koto Tinggi, red)," kata Sugiyarno kepada Wartawan, Selasa (16/12/14).

Sugiyarno mengakui telah melaporkan laporan warga kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau, bahwa ada beruang masuk ke pemukiman warga.

Menurut Sugiyarno, selain melakukan pengawasan terhadap satwa liar. Dishutbun Rohul juga telah mengimbau warga untuk waspada. Termasuk, berkoordinasi dengan Kades Koto Tinggi dan Sukamaju, Kecamatan Rambah.

Sementara itu, Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan dari Dishutbun Rohul, M. Yusuf Hasibuan, kepada wartawan mengakui, hingga Selasa sore, petugas belum melihat beruang atau jejaknya sesuai laporan warga. (PR-cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha