Walikota Pekanbaru Ingatkan Masyarakat Tak Gelar Takbir Keliling

Ahad, 17 Mei 2020

PELITARIAU, Pekanbaru - Guna menghindari agar Virus Corona tidak semakin meluas, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengingatkan masyarakat agar tidak menggelar takbir keliling saat malam Idul Fitri.

Namun, masyarakat dibolehkan menggelar takbiran di dalam masjid dengan menjaga jarak antar jemaah.

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran terkait aktivitas bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Kita mengimbau masyarakat menggelar Shalat Hari Raya Idul Fitri di rumah. Artinya, masyarakat bisa melaksanakan Salat Id di rumah," kata Walikota kepada wartawan, Sabtu (16/05/2020).

Disamping itu  Walikota juga menyarankan umat Islam di Kota Pekanbaru bersilaturahmi lewat media sosial saja.

"Sapa keluarga dan kerabat lewat media sosial saja," anjur Firdaus seraya menyampaikan, PSBB Provinsi Riau sudah berlangsung sejak Jumat (15/05/2020) kemarin. Pelaksaan PSBB di Kota Pekanbaru kali ini di bawah komando Gubernur Riau.

"Pemko Pekanbaru berpatokan pada peraturan Gubernur Riau. Namun tetap mempertegas PSBB dengan Perwako. Jadi Perwako PSBB di Kota Pekanbaru nantinya mengacu pada Pergub Riau," jelas Firdaus.

Menurut Walikota, PSBB kali ini berlangsung hingga 28 Mei 2020. Pemberlakuan PSBB bisa dihentikan nantinya jika tidak ada transmisi lokal.

"Kita berharap pada Juni 2020 nanti tidak ada lagi kasus covid-19 di Pekanbaru dan daerah lainnya di Riau," harap Walikota. **prc4