Disparpora Meranti Salurkan Alat Musik Tradisional

Senin, 15 Desember 2014

Azwan Serahkan alat kesenian tradisional

PELITARIAU, Selatpanjang - Bidang Kesenian pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menyalurkan bantuan alat musik tradisional untuk kelompok kesenian tradisional di 7 Desa. Bantuan itu bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional yang ada di tengah-tengah masyarakat.


“Ada 7 Desa yang tahun ini mendapat bantuan alat musik tradisional. Di 7 desa itu ada kelompok masyarakat kesenian tradisional yang perlu dukungan pembinaan. Umumnya adalah masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT),” ungkap Kabid Kesenian, Azwan MPd, kepada wartawan di Selatpanjang, Senin (15/12).

Dijelaskannya, penyaluran bantuan tersebut dilakukan melalui masing-masing Kepala Desa. Dengan bantuan itu diharapkan dapat mengangkat kembali kesenian tradisional yang hampir punah seiring perkembangan zaman, khususnya di lingkungan masyarakat Suku Akit yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“7 kelompok kesenian tradisional yang mendapat bantuan ini, yakni di Dusun Nerlang Desa Sungaitohor Barat dan Desa Kepau Baru di Kecamatan Tebingtinggi Timur, Dusun Air Mabuk Desa Mengkikip Kecamatan Tebingtinggi Barat, Desa Ketapang, Kecamatan Pulau Merbau, Desa Sonde, Kecamatan Rangsang Pesisir, Desa Selat Akar, Kecamatan Tasik Putri Puyu dan di Desa Sesap, Kecamatan Tebingtinggi,” rincinya.

Paket alat musik tradisional yang disalurkan ke masing-masing Pemerintah Desa itu, jelasnya, terdiri dari alat musik Biola, Gong dan Bebano. “Alhamdulillah hari ini sebagian Kepala Desa sudah datang untuk mengambil bantuan alat musik tradisional yang dianggarkan melalui APBD Perubahan Tahun 2014 ini,” jelasnya. (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad