RS Awal Bros Ujung Batu Terapkan Sistem Pelayanan Standar Covid-19

Kamis, 30 April 2020

 

PELITARIAU, Rohul - RS Awal Bros Ujung Batu terus menunjukkan komitmennya mendukung Pemerintah dalam mengentaskan permasalahan Pandemi Covid-19, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan khusus pasien Covid-19.

Hal itu diutarakan Direktur RS Awal Bros Ujung Batu, dr Sofi Sumarlin lewat humas Syahrul mengatakan, selain menyiapkan ruang isolasi khusus pasien Covid-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP), RS Awal Bros kini sudah membuka layanan kesehatan online, jadi masyarakat yang hendak berobat atau konsultasi kesehatan dapat menghubungi contak person: 082387671093.

"Layanan berobat online ini memudahkan masyarakat untuk berobat maupun konsultasi kesehatan," jelasnya kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Ruang isolasi khusus buat PDP, kata Syahrul berada jauh dari pasien umum, ini dilakukan guna memberi rasa aman dan nyaman pasien umum, dan pihak RS Awal Bros juga sudah lama menerapkan standar pencegahan corona virus ini.

Bukan itu saja, sebelum dilayani petugas, security terlebih dulu mengarahkan pasien ke wadah mencuci tangah yang telah disiapkan dan wajib mencuci tangan dengan sabun. Barulah pasien dipersilakan menuju meja petugas layanan. Namun, lagi-lagi, masyarakat diminta security menggunakan hand sanitizer.

Disini, sosial distancing pun diterapkan, jarak antara petugas diatur sebagaimana SOP layanan Covid.  Pasien harus berada pada tanda khusus sebagai batas jarak antara petugas medis dengan pasien. Belum sampai disitu, security kembali ‘menembak’ alat pengecekan suhu tubuh ke arah kening calon pasien yang hendak berobat, kemudian barulah dilayani petugas administrasi dan petugas medis perawat penapisan yang bertugas menanyakan keluhan calon pasie

Sementara penanganan medis pertama yang dilakukan bagi pasien adalah tes screening guna mendeteksi dini untuk mengurangi risiko penyakit atau memutuskan metode pengobatan yang paling efektif.

Lanjut Syahrul, RS Awal Bros juga sudah memiliki alat kesehatan (Alkes) yang cukup lengkap, guna menangani pasien Covid-19.

Sejalan dengan itu, para dokter rumah sakit ini sudah cukup lengkap dengan karyawan mengutamakan mutu layanan terhadap pasien yang berobat.

"Untuk RS Awal Bros saat ini dokter nya cukup lengkap, para dokter dan karyawan profesional mengutamakan mutu pelayanan terhadap pasien yang datang berobat," ujarnya.

Sementara, informasi atau laporan tentang pasien Covid-19 yang ditangani oleh RS Awal Bros Ujung Batu selalu disampaikan ke Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Rohul dan Provinsi Riau, dan itu dikordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul.

Dari awal RS Awal Bros ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, semua laporan pasien sudah disampaikan ke Gugus Tugas Kabupaten Rohul dan Provinsi Riau, dan diketahui Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul," terang Syahrul.

Dirinya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut membantu Pemerintah dalam menuntaskan permasalahan pandemi ini dengan menjaga kebersihan diri, gunakan masker ketika keluar rumah, dan selalu mematuhi protokol kesehatan pemerintah baik lingkungan masyarakat atau pun di pusat keramaian dan tempat ibadah. **Rahmat