Beberapa Proyek BPMPD Segera Rampung

Kamis, 11 Desember 2014

Peresmian salah satu kantor kades Pelalawan

PELITARIAU, Kerinci –Pemkab.  Pelalawan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan segera merampungkan beberapa proyek. Diantaranya proyek enam pembangunan kantor desa dan gedung serbaguna serta Gedung satu atap.

 
Demikian diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan Drs H Zamur Das di Pangkalan Kerinci. Menurutnya, pembangunan tersebut ditargetkan rampung sebelum berakhirnya masa anggaran tahun 2014 ini, sebagai upaya pemerintah memenuhi kebutuhan aparat desa dan masyarakat.

"Untuk itu, dengan akan segera rampungnya pembangunan enam kantor desa dan gedung serbaguna serta Gedung satu atap baru ini nantinya, tentunya diharapkan pula kepala desa dan perangkatnya dapat berkerja dengan nyaman serta bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,”jelas Zamur.

 

Sedangkan pembangunan enam kantor desa dan gedung serbaguna yang menelan biaya lebih kurang Rp 4 milyar dari APBD 2014 ini, telah rampung 85 persen.


"Jadi tidak ada alasan bagi kepala desa untuk tidak memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat. Baik itu bagi para kades yang lama atau pun yang baru. Baik yang sudah memiliki fasilitas kantor yang lama, juga yang baru termasuk kepala desa yang kebagian kantor yang refresentatif, karena tugas dan fungsinya tetap sama," papar Zamur.

Dijelaskannya rincian dan biaya pembangunan enam kantor desa dan gedung serba guna yang akan segera rampung dan siap difungsikan tersebut yakni Kantor Desa Trimulya Jaya dengan alokasi anggaran sebesar Rp 353 juta, Kantor Desa Lubuk Kembang Bungo Rp 358 juta, Kantor Desa Bukit Jaya Rp 353 juta, Kantor Desa Kampung Baru dan Kantor Desa Bukit Gajah Rp 357 juta.

"Sedangkan pembangunan 5 kantor desa tersebut berada di Kecamatan Ukui. Kemudian ada 1 kantor desa lainnya yakni Kantor Desa Terantang Manuk Kecamatan Pangkalan Kuras dengan alokasi anggaran lebih Rp 341 juta," ujarnya.
  
Selain enam pembangunan kantor yang akan segera rampung pada akhir tahun 2014 ini, sambung Zamur, juga ada pembangunan Gedung serbaguna yang berada di Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat lebih Rp 678 juta. Serta Gedung satu atap yang dinaungi oleh BPD, LKMD dan UED di Desa Beringin Indah Kecamatan Pangkalan Kuras dengan alokasi anggaran Rp 464 juta.
  
"Jadi, total anggaran seluruh pembangunan tersebut berjumlah Rp 4 Milyar. Dan insya allah pada tahun 2015 mendatang, kita 

juga akan kembali melakukan pembangunan kantor desa dan pembangunan lainnya di pedesaan yang diajukan pada ABPD 2015 mendatang. Sementara itu, dari 106 desa di 12 kecamatan yang ada dikabupaten Pelalawan, 85 persen telah kita lakukan pembangunan Kantor desa yang baru dan lebih representatif. Sementara itu sisanya sebanyak 15 persennya lagi, akan kita lakukan pembangunannya pada tahun - tahun selanjutnya," tutup Zamur tanpa merinci berapa desa lagi yang telah dan belum memiliki kantor desa. (kor. htl)
    
Editor: rio ahmad