Operasi Zebra Di Pekanbaru Tilang 2.574 Pelanggaran

Kamis, 11 Desember 2014

Kenderaan Kena Tilang

PELITARIAU, Pekanbaru-Operasi Zebra  2014 Polresta Pekanbarui yang dilaksanakan selama 14 h berjalan lancar dan tanpa komplain dari masyarakat.


"Hal ini dikarenakan Sat Lantas Polresta Pekanbaru saat akan melaksanakan operasi telah melakukan sosialisasi tentang pelaksanaannya kepada masyarakat terlebih dahulu,"ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes pol Robert Hariyanto W.SH. S.Sos.MH didampingi Kasat Lantas Pekanbaru Kompol Zulanda, SiK, Rabu (10/12)

Adapun hasil dari operasi zebra Siak 2014 polresta pekanbaru terjadi peningkatan penindakaan berupa tilang terhadap pelanggar sebanyak 3.9% dimana pada tahun ini dilakukan penilangan sebanyak 2.574 tilang. Sedangkan pada tahun 2013 sebanyak 2.478 penilangan adapun penindakan dengan melakukan peneguran yang dialakukan Sat Lantas Polresta Pekanbaru pada Tahun ini sebanyak 356 Teguran.

"Dari total tersebut, paling banyak dilakukan oleh pelanggar yang menggunakan kendaraan roda 2 sebanyak 2121 pelanggar padahal pada tahun sebelumnya hanya 1803 pelanggar roda 2 hal ini menyebabkan tren pelanggaran oleh pengendara roda 2 naik sebesar 17.64%, "sebutnya.

"Sedangkan pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi roda 4 pada tahun ini sebanyak 453 dan tercatat mengalami penurunan sekitar 32.9%,"sebutnya lagi.

Target utama dari operasi tahun ini, kata Zulanda, yang merupakan penekanan langsung dari Kapolda Riau yaitu pelanggaran Pengendara yang tidak memakai helm dan melawan arus terbukti masih cukup banyak terjadi di kota pekanbaru. "Hal ini terlihat dari total tilang yang dikenakan terhadap pelanggar tidak memaki helm mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yaitu jumlahnya 838 dimana pada tahun 2013 sebanyak 449 pelanggaran, dan pelanggaran melawan arus pun mengalami kenaikan yang tadinya pada tahun 2013 sebanyak 134 menjadi 501 pelanggaran yang dilakukan penindakan,"tuturnya.

Kasat lantas Kompol Zulanda, SiK juga menyampaikan, bahwa  memang terjadi kenaikan penindakkan terhadap TO yang telah di tetapkan, karena memang kita fokuskan kearah pelanggaran tersebut selama operasi ini.

"Operasi Zebra ini terbilang cukup berhasil dibanding tahun lalu, hal ini dapat terlihat dari turunnya angka kejadian laka lantas maupun angka fatalitas laka lantas yang terjadi selama operasi berlangsung. Kecelakaan lalu lintas yang pada tahun 2013 pada saat operasi yang sama berlangsung terdapat 7 kejadian laka lantas dimana korbannya 4 orang meninggal dunia, 2 luka berat, 10 luka ringan serta kerugian materil sebanyak Rp. 5.150.000, "pungkasnya.

Sedangkan pada tahun ini kecelakaan lalu lintas hanya 4 kejadian dimana 1 orang meninggal dunia, 1 luka berat, 3 luka ringan serta kerugian materil sebanyak Rp. 4.300.000,- persentase penurunannya dibanding tahun lalu sebanyak 42.9%.

"Dengan angka laka lantas yang turun hampir setengahnya dibanding tahun lalu, Kasat Lantas berharap bahwa kamseltibcar Lantas pada saat operasi berlangsung ini dapat dipertahankan dan berlanjut sampai kedepannya,"harapnya.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang turut mendukung berjalannya operasi zebra tahun ini, semoga masyarakat dapat sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas tidak hanya pada saat operasi saja tetapi juga seterusnya,” tuturnya.

Dengan hasil pelaksanaan Operasi Zebra 2014 ini tetap bertahan tidak hanya pada saat operasi tetapi dapat bertahan secara berkelanjutan sehingga dapat menciptakan situasi kamtibmas maupun kamseltibcar lantas yang aman dan tertib menjelang perayaan malam Natal dan malam Tahun baru 2015. ”Polresta Pekanbaru akan terus meningkatkan giat preventif dan penegakan hukum untuk menjaga kamtibmas kota Pekanbaru menjelang malam Natal dan malam tahun baru,"jelasnya (kor. lia)

 

Editorial: rio ahmad