Jubir Covid-19 Dukung Polda Riau Sosialisasi Wajib Pakai Masker

Rabu, 08 April 2020

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Riau, dr Indra Yovi.

PELITARIAU, Pekanbaru - Polda Riau akan melakukan sosialisasi wajib pakai masker ke masyarakat.  Upaya tersebut mendapat dukungan langsung dari Juru Bicara (Jubir) Penanganan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Riau, dr Indra Yovi.

"Saya sependapat dengan pak Kapolda Riau (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy), mulai besok akan mensosialisasikan penggunaan masker. Jadi semua orang (masyarakat) yang keluar rumah wajib pakai masker," kata Indra Yopi, Selasa (7/4/2020) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Riau, Gedung Daerah Pekanbaru.


"Kalau dalam dua tiga hari diimbau tidak juga nurut. Itu bisa disuruh pulang untuk pakai masker (oleh petugas kepolisian), baru boleh pergi dengan tujuan jelas," sambungnya.


Disamping itu, Indra Yopi mengimbau kepada masyarakat dalam kondisi masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah dengan tujuan yang jelas.


"Dengan kondisi seperti ini, kalau tak ada hal penting sekali untuk keluar rumah, jangan keluar rumah. Pakai masker wajib, saat ini wajib," imbuhnya.


Karena itu, dia menyarankan bagi masyarakat tidak bergejala atau tidak sakit, sebaiknya menggunakan masker kain.


"Apakah masker kain sesuai untuk orang tidak bergejala? Saya katakan iya. Karena kalau sekarang semua pakai masker bedah (medis), nanti petugas kesehatan tak pakai masker bedah susah jadinya," ujarnya.


Kemudian Yovi juga meminta masyarakat melakukan social distancing yang kuat dan di rumah saja.


"Dengan kondisi sekarang masyarakat bisa melihat pemkembangan kasus Covid-19 di Riau semakin meningkat, jumlah PDP semakin meningkat. Yang terpenting sekarang bagaimana kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan di rumah saja," tutupnya. **prc4


sumber: mediacenter.riau.go.id