Wabup Inhil Buka Pelatihan Budaya Politik, Diikuti 80 Peserta

Selasa, 09 Desember 2014

Ilustrasi @net.

PELITARIAU, Tembilahan - Wakil Bupati Indragiri Hilir, H Rosman Malomo membuka pelaksanaan pendidikan budaya politik bagi elemen masyarakat dan partai politik (parpol) di Kabupaten Inhil, Selasa (9/12).


Kegiatan di aula lantai 5 Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan ini, diikuti sebanyak 80 peserta, dari perwakilan tokoh masyarakat, organisasi pemuda, organisasi wanita dan fungsionaris parpol di Kabupaten Inhil.


Dalam sambutannya, Wabup menyatakan, politik itu identik dengan kepentingan-kepentingan, apakah itu kepentingan yang bersifat pribadi, kelompok atau masyarakat secara luas, yang pada gilirannya bermuara pada kepentingan nasional.


“Namun demikian, kita harus mampu menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau golongan,” ujar Wabup.


Oleh karena itu, melalui pendidikan politik ini diharapkan upaya pencapaian kepentingan-kepentingan tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara yang elegan dan beradab.


Selanjutnya, dalam pengembangan kehidupan politik nasional, sebaiknya tidak melupakan sejarah dengan melihat dan menelaah nilai-nilai luhur budaya bangsa yang dianut, diyakini dan dikembangkan oleh nenek moyang.
Sehingga dengan demikian diharapkan dinamika kehidupan politik nasional dapat berjalan dalam suasana yang aman, damai dan harmonis, dengan tetap mengedepankan tatacara yang sopan, santun dan beretika, yang menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan kesamaan, sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa.


"Jika pendidikan politik kita sudah mapan, maka akan mampu memberikan kontribusi positif, dalam upaya menciptakan stabilitas politik di tengah dinamika politik yang cenderung mengalami pasang surut," tutupnya. (cr.mar)

 

Editorial : Ramdana Yudha