Pemda Bengkalis Sambut 140 TKI Dari Malaysia di Pelabuhan Sri Laksamana

Rabu, 01 April 2020

Seluruh TKI yang dikumpulkan terlebih dahulu untuk mendengarkan pengarahan

PELITARIAU, Bengkalis - 140 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Negara Malaysia tiba di Pelabuhan Sri Laksamana Bengkalis menggunakan kapal khusus Dumai Jalur 1 dari Tanjung Balai Karimun, mulai pukul 15.30 WIB, Selasa, 31 Maret 2020.

 

Kedatangan mereka di pelabuhan langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan termometer non kontak oleh tim Gugus Tugas, sebelum keluar dari kapal.

 

Setelah selesai memeriksa suhu tubuh, 139 warga Bengkalis dan Bantan ini kemudian dikirim dalam satu titik untuk menerima pengaduan dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Wahyurahmi Miemy dan dilanjutkan oleh Kapolsek Bengkalis, AKP Maitertika.

 

“Pemeriksaan ini mengganggap bapak dan ibu semua pulang membawa penyakit. Tapi orang yang datang dari kawasan terjangkit Virus Corona atau Covid-19, ”ujar Kapolsek Bengkalis, yang kala itu juga diawasi langsung Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto SIK.

 

Sama seperti petugas KKP dan Kapolsek Bengkalis juga mengungkapkan jika pengecekan ini tidak ditemukan gejala Covid-19, maka 140 orang ini harus melakukan karantina secara mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

 

“Selama 14 hari, harus tidak melakukan kontak sosial di tempat tinggal masing-masing. Jangan setujui ketentuan yang sudah ditentukan pemerintah. Karena negara kita sedang dalam keadaan darurat, mengatasi musuh yang tidak tampak alias virus Covid-19, ”ucapnya.

 

Ia memutuskan itu jika menolak aturan ini maka akan ada sanksi yang harus diterima dari aparat penegak hukum. Dan dapat menyembuhkan sakit seperti flu, radang flu dan demam, segera melakukan pengecekan di puskesmas terdekat dengan membawa kertas kuning yang telah disiapkan sebagai salah satu penerima masyarakat yang sedang memproses proses karantina mandiri.

Menggunakan TAI 139, TKI ini memulai proses penyemprotan disinfektan tubuh, sebelum kemudian melakukan pemindaian suhu tubuh atau Thermal scanner.


Setelah itu, kesemuanya akan pulang dengan mencatat tidak melakukan hubungan langsung dengan orang lain atau keluarga sebelum anggota lawann mandi terlebih dahulu. Sampai berita ini dinaikkan, proses pemeriksaan pun masih belum selesai.


Turut terlihat menyaksikan langsung proses pemeriksaan kesehatan 140 warga pulau Bengkalis ini, Kepala Badan Kesbangpol Bengkalis, H Hermanto, Sekretaris Perhubungan Bengkalis, Zul Asri, Kepala UPT Pelabuhan BLS, Syafrizam, dinas kesehatan, TNI, Polri, dan lain-lain. ** prc4

 


sumber: berazam.com