Memutus Penyebaran Covid-19, Polres Inhu Jadi Motor Penyemprotan Disinfektan Sampai ke Desa

Selasa, 31 Maret 2020

Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK bersama Forkopimda melakukan kegiatan bersama serentak se-Inhu memutus penularan virus Corona atau Covid-19 hingga ke pelosok desa

PELITARIAU, Inhu – Kegiatan bersama memutus penularan virus Corona atau Covid-19 diwilayah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) provinsi Riau, Selasa (31/3/2020) dilaksanakan serentak dengan menyemprotkan disinfektan (Cairan pembunuh virus,red) serta polisi melakukan himbauan dengan menggunakan toa agar masyarakat mejaga perilaku hidup bersih dan tidak panik dengan wabah virus Corona yang melanda Indonesia.

Personil Polres Inhu sepekan terakhir sudah berjibaku melakukan sosialisasi bahaya wabah virus Corona dan mensosialisasikan cara memutus penularan virus corona. Dibeberapa kegiatan polisi, tampak dibantu personil TNI dari Kodim 0302 Inhu serta, polisi juga merangkul organisasi masyarat, petugas medis untuk menyemprotkan disinfektan dan mengajak semua pihak melakukan pola hidup bersih.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK kepada pelitariau.com usai melakukan kegiatan bersama memutus penularan virus Corona di Inhu menjelaskan, penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Inhu, berdasarkan dari surat telegram Kapolri tentang penyemprotan disinfektan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia.

"Hari ini kita dari Polres Inhu menggandeng semua pihak, termasuk masyarakat Inhu untuk melakukan penyemprotan disinfektan guna memutus rantai penyebaran virus Corona, kegiatan dilakukan hingga ke tingkat Kecamatan dan desa," ujar Kapolres Efrizal.

Sebelum penyemprotan disinfektan kegiatan bersama memutus penularan covid-19, terlebih dahulu dilaksanakan apel persiapan pelaksanaan, untuk kegiatan yang di ikuti oleh Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Inhu dilaksanakan di Lapangan Terbuka Hijau (RTH).

Kegiatan bersama memutus penularan virus Corona atau Covid-19 yang dilakukan serentak diwilayah Kabupaten Inhu yang dipimpin Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK, tampak hadir dalam kegiatan apel persiapan dan penyemprotan disinfektan pejabat Forkopimda diantaranya Bupati Inhu Yopi Arianto, Dandim 0302 Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP, Kajari Inhu Hayin Suhikto SH MH, ketua PN Rengat Darma Indo Damanik SH Mkn, wakil ketua DPRD Inhu Suwardi Ritonga SE.

Dalam mengantisipasi rantai penyebaran covid19, Polres Inhu menggelar penyemprotan disinfektan skala besar baik di sekitar kota rengat, maupun diwilayah kecamatan yang ada di kabupaten Inhu.

Setelah melaksanakan penyemprotan, pejabat Forkopimda Inhu langsung meluncur ke RSUD Indrasari melakukan pengecekan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi pandemic covid19 di kab. Inhu baik berupa APD maupun kesiapan tenaga medis.

"Penyemprotan desinfektan itu dilakukan untuk memutuskan  penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah kabupaten inhu. Mari bersama-sama kita lawan virus corona, agar bumi kita kembali pulih dari wabah berbahaya ini," kata Kapolres Efrizal.

Semantara itu, Gerakan bersama untuk di Kecamatan memutus penularan Covid-19 dilakukan bergabubg anggota DPRD disetiap daerah pemilihanya bersama TNI, Polri, Camat, Tenaga medis Puskesmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta melibatkan organisasi masyarakat setempat.

Didaerah pemilihan III Inhu yang meliputi Kecamatan Peranap, Kelayang, Rakit Kulim, dan Kecamatan Batang Peranap, ketua komisi II DPRD Inhu Dodi Irawan SHi tampak tampil di depan ikut melakukan aksi memutus penularan virus Covid-19 dengan cara melakukan himbauan dan menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan ke lingkungan penduduk bersama personil TNI dan Polri.

Sedangkan di Dapil III, meliputi Kecamatan Batang Gansal, Seberida, Batang Cenaku, tampak wakil ketua komisi II DPRD Inhu Martimbang Simbolon berbaur dengan tim dari unsur Pimpinan kecamatan Batang Gansal melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, sejumlah jalan protokoler dan masjid.

"Kami meminta masyarakat Inhu tidak panik terhadap covid-19, teruslah melakukanpola hidup bersih guna memutus penularan virus Corona yang melanda Indonesia," Suwardi Ritonga disela kegiatan bersama Forkopimda memutus penularan virus Corona atau Covid-19 di Rengat.

Dalam gerakan bersama memutus penularan virus Corona atau Covid-19 di wilayah Inhu, tampak petugas TNI dan Polri berjibaku melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil damkar dan mobil Barakuda milik Polres Inhu.

"Kami menghimbau agar seluruh orang tua atau wali murid di Inhu, selama libur sekolah melakukan pengawasan terhadap belajar anak di rumah, kalau orang tua membiarkan anak bermain diluar rumah saat waktu libur, itu namanya Kong kalikong," ujar ketua komisi II DPRD Inhu Dodi Irawan SHi.

Dodi Irawan, alumni strata dua Jepang jurusan teknik tahun 2009 ini, saat melakukan himbauan keliling menggunakan toa di Kecamatan Peranap sempat viral vidionya, sebab Dodi Irawan menggunakan bahasan daerah setempat. "Anak-anak selama libur sekolah dan selua seluken umah (bermain diluar keluar rumah,red) namonyo Kong kalikong," ujar Dodi Irawan.

Gerakan bersama memutus penularan virus corona di Kecamatan Batang Gansal, wakil ketua komis II DPRD Inhu, Martimbang Simbolon menyampaikan, kalau kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah fasilitas umum dan dilingkungan masyarakat. "Semua pihak harus ikut dalam gerakan ini, guna memutuskan penyebaran covid-19," ujar Martimban Simbolon politisi Partai Perindo. **Prc1