Langkah Tepat Mengatasi Kepanikan Masyarakat Soal Virus Corona, Ini Penjelasan Kapolres Inhu

Selasa, 31 Maret 2020

Foto Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK Terjun Langsung Semprot Kerumah Warga

PELITARIAU, Inhu - Kepanikan masyarakat terkait kasus pasien positif virus corona yang terjadi akibat informasi yang sedang Viral diberbagai Media Elektronik, Media Cetak serta Media Sosial Online ketika diumumkan ada berdampak positif, maka masyarakat seolah-olah seperti dihentakan dengan informasi tersebut sehingga semua masyarakat menganggap ini situasi tidak menentu dan menimbulkan reaksi dari masyarakat segera mencoba mengamankan diri.

Timbulnya kepanikan di tengah masyarakat merasakan besok gimana, telah merasa was-was maka timbul pertanyaan yang perlu terjawab apakah kasus corona juga akan terjadi di Daerah ini.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal S IK membenarkan telah terjadi kepanikan Virus Corona dimasyarakat untuk mengantisipasi rantai penyebaran Covid 19, Polres bekerjasama dengan Dandim 0302 dan Pemkab Inhu menggelar penyemprotan disinfektan skala besar baik di sekitar kota rengat, maupun diwilayah Kecamatan yang ada di Kab Inhu, kata Ps Paur Humas Aipda Misran, Selasa (31/3/2020).

Dijelaskan Misran, penyemprotan ini berdasarkan dari Surat Telegram Kapolri agar melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia. Dari sabang hingga ke merauke.Sehingga diwilayah kab. Inhu juga dilakukan diseluruh wilayah hingga ke tingkat kecamatan.

Sebelum dilaksanakan penyemprotan, terlebih dahulu dilaksanakan apel persiapan. Apel tersebut dipimpin oleh Bupati Inhu H Yopie Arianto SE, Kapolres Inhu AKBP Efrizal S IK dan Dandim 0302 Inhu Letkol ARH Hendra Roza S IP serta para tamu undangan Wakil Ketua DPRD, Kajari, Ketua Pengadilan, Kadis Kesehatan dan Kasatpol PP.

“Hadir pula Waka Polres Inhu, para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira Polres Inhu dan Perwira Kodim 0302 Inhu, anggota Kodim 0302 Inhu dan anggota Polres Inhu, anggota satpol pp, bnpb, toga, tomas, todat, banser, tim medis serta relawan". Ujarnya.

Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 5 kelompok, 4  kelompok  dengan menggunakan mobil water canon, mobil damkar, mobil double cabin, mobil bnpb, mobil swasta. 

Adapun kelompok satu mobil AWC (water canon) dengan operator Bripka Adha Pria Setiawan, bamudi AWC Brigadir Robin Siregar dibawah koordinator Kasat Sabhara Polres Inhu AKP Hendri S Sos MH dengan Rute  Jln Nara Singa – Jln Danau Raja – Jln Sultan – Jln H Agus Salim – Jln Hasanuddin – Jln Budhis.

Kelompok Dua menggunakan mobil double cabin dengan rute Jln Soeprapto – jln DI Panjaitan- jln Jendral A Yani. 

Kelompok Tiga menggunakan mobil damkar dengan rute Jln Bupati Tulus – Jln Mayor Fadilah – Jln Hang Lengkir. 

Kelompok Empat menggunakan mobil bnpb dan swasta dengan rute Jln RTH – Cokroaminoto- Kahar Maskur – Jln Budis – Jln Teuku Umar – Jln Soeprapto – Jln Hasanudin. 

Sedang kan kelompok Lima dilakukan secara manual dengan menggunakan solo sprayer  sebanyak 72 unit, rincian 30 unit dari polres, 25 unit TNI, 17 unit satpol pp, dengan sasaran penyemprotan di Sekolah – Sekolah, Tempat Ibadah dan Rumah Warga.

Sedangkan untuk wilayah kecamatan, kegiatan ini dilakukan bersama Upika, Toga, Tomas, Todat, dan Masyarakat setempat yang dipimpin langsung oleh para Kapolsek dan jajaran. Jelasnya.

Setelah melaksanakan penyemprotan, forkopimda langsung meluncur ke RSUD Indrasari melakukan pengecekan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi pandemic covid19 di kab Inhu baik berupa APD maupun kesiapan tenaga medis.

"Mari bersama-sama kita lawan virus corona, agar bumi kita kembali pulih dari wabah berbahaya ini," tutup Aipda Misran (Rilise).** (prc3).