Jika Pekerja Tertular Corona, Kadin Dumai Minta Perusahaan Beri Dispensasi

Rabu, 25 Maret 2020

Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini.

PELITARIAU, Dumai -  Pendati menyebarkan virus Corona belum didukung teratasi, namun perusahaan di Dumai masih tetap dioperasikan.

Pekerja / buruh juga tetap menjalankan aktivitas seperti sediakala.


Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini menyatakan pekerja yang terindikasi tertular sesuai hasil pemeriksaan medis, perusahaaan harus memberitahukan dispensasi.


“Untuk mengizinkan penyebaran virus covid 19 - korona, bagi pekerja yang terindikasi tertular yang merupakan hasil pemeriksaan medis, maka kami meminta pihak perusahaan memberikan dispensasi dan tetap membayarkan hak pekerja sesuai ketentuan ketenagakerjaan,” pinta Zulfan Ismaini Selasa (24/03/2020 )


Sementara PLT Ketua FSB Kamiparho K.SBSI Dumai Ir FA Aritonang menegaskan sebaiknya pekerja di Dumai dirumahkan ditengah masih belum teratasinya penyebaran Corona di Dumai.


Apalagi presiden Joko Widodo telah mengeluarkan himbauan untuk memutus matarantai penyebaran virus Corona agar seluruh masyarakat menaati keputusan pemerintah.


“Secara tegas Presiden RI Ir. H. Joko Widodo telah mengeluarkan himbauan sekaligus pernyataan bahwa untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona ( Covid – 19 ), agar seluruh masyarakat menaati Keputusan Pemerintah yaitu belajar, bekerja dan berkomunikasi dari Rumah,” katanya.


Dalam terjemahan atau pengertian sendiri, kata Aritonang, setidaknya melakukan Sosial Distance.


” Artinya perlu kearifan semua pihak dimana aturan/himbauan/matlumat jalan tetapi tetap dapat mencukupi kebutuhan primer masyarakat,” ungkapnya.


Sementara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai minta perusahaaan untuk melaporkan langkah-langkah yang dilakukan dalam penanganan laju penyebaran virus covid-19 di perusahaan.


Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE langsung memerintahkan Kabid HI dan Syaker Irwan S.Sos untuk menghubungi perusahaan untuk minta laporan penanganan virus Corona di perusahaan.


“Silahkan hubungi perusahaan agar membuat laporan tentang langkah-langkah antisipasi penyebaran virus Corona yang sudah dilakukan di perusahaan,” pinta Parulian Siregar


Irwan sendiri, langsung menindak lanjuti dengan menghubungi managemen sejumlah perusahaan Dumai melalui Ponsel


“Alhamdulillah, perusahaan yang bertanggung jawab langsung dan membuat laporan yang disediakan,” kata Irwan kepada Riau-Kepri.com ** prc4


sumber: riaukepri.com