Sekolah Rawan Banjir Di Pelalwan Diperbolehkan Memulai Ujian

Jumat, 05 Desember 2014

internet

PELITARIAU, Kerinci - Ujian semester 1 Tingkat SD hingga SMA sederajat serentak akan berlangsung pada tanggal 4 Desember hingga tanggal 14 Desember 2014 mendatang. Namun sebagian sekolah yang rawan banjir sudah melakukan ujian semester 1.

Hal ini mengantisipasi kondisi hujan yang menyebabkan sekolah banjir yang melumpuhkan aktifitas belajar dan pelaksanaan ujian.

Demikian dikatakan oleh Kadisdik Pelalawan MD. Rizal, S. Pd. M. Pd melalui Kabid Kurikulum Salbiah pada media ini, Rabu (3/12). Menurutnya, ada beberapa sekolah yang hingga sepekan terakhir terpaksa diliburkan dikarenakan sekolah mereka terendam air akibat banjir. 

"Saat ini, sekolah yang masih libur kebanyakan dari Kecamatan Pelalawan, ada juga SMA 1 Ukui. Kalau kemaren ada di Langgam dan di Pangkalan Kerinci, namun air sudah surut dan anak-anak sudah kembali sekolah. Sebagian dari mereka sudah melaksanakan ujian dan memang kita diperbolehkan karena melihat kondisi dan situasi dimusim penghujan ini," ungkapnya.

Untuk ujian semester 1 ini, sambungnya, Disdik Pelalawan sudah menggunakan penilaian Kurikulum 2013 yang penilaiannya satu paket sesuai Juknis Pengelolaan Penilaian pada kurikulum 2013. Penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1 sampai 4, yang dapat dikonversi ke dalam predikat A sampai D.

"Sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K)," ujarnya.

Ditambahkannya, usai selesai melaksanakan ujian semester 1 pada tanggal 14 Desember 2014, para siswa tetap masuk sekolah. Selama seminggu seminggu dan kemudian libur hingga kembali masuk sekolah pada tanggal 4 Januari 2015 mendatang. (kor. htl)

 

Editorial: rio ahmad