Salah Satu Pejabat Terbaiknya Irwan Kagum Keseriusan Yulian Norwis Maju di Pilkada Meranti 2020

Rabu, 08 Januari 2020

Yulian Norwis saat bersalaman dengan bupati meranti

PELITARIAU, Meranti - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, melakukan pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab. Meranti, pelantikan pejabat dalam rangka penyegaran dan promosi pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti itu, dipusatkan di Ballroon Hotel Grand Meranti, Selasa sore (7/1/2020).

Turut hadir mendapingi Bupati Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. Taufik Lukman, Wakil Ketua DPRD Meranti H. Khalid, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SPd M.Si, Staf Ahli Bupati H. Askandar, Kepala BKD Meranti Alizar S.Sos M.Si dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Irwan, Perwakilan Kejari Meranti, Perwakilan Posal Meranti, serta Para Pejabat Eselon II, III dan IV yang akan dilantik. 

Dalam pidatonya Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengatakan disamping untuk melakukan penyegaran dan promosi jabatan pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti, mutasi dan pelantikan kali ini adalah untuk menyesuaikan dengan aturan pengawasan pemilihan umum yang dikeluarkan oleh Bawaslu Meranti. Dimana badan pengawas pemilu itu mengamanatkan 6 bulan sebelum digelarnya Pilkada Meranti, Kepala Daerah tidak dibenarkan lagi  melakukan promosi dan pelantikan pejabat kecuali atas seizin Gubernur Riau dan Mendagri. 

"Artinya mulai besok Kepala Daerah tidak dibenarkan lagi untuk melakukan promosi dan pelantikan pejabat," jelas Bupati.

Dari sekian pejabat, sedikitnya ada satu pejabat tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dimutasi. Salah satunya Sekretaris Daerah (Sekda) Yulian Norwis.

Keterlibatan Yulian Norwis dalam politik praktis menjadi alasan Irwan memutasinya dari jabatan sekda ke staf ahli. Menurut dia, jabatan staf ahli akan memberikan peluang besar bagi Yulian agar fokus ke ranah politik.

"Jika tidak dilakukan langkah taktis ini maka posisi Sekda akan kosong yang pastinya akan mengancam jalannya roda pemerintahan, dan kita tidak ingin hal itu terjadi sehingga untuk menjamin hal itu kita lakukan penunjukan Sekda," papar dia.

Kendati begitu, Irwan tidak menapik keberhasilan yang pernah diperoleh Yulian saat menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian maupun Sekda Kepulauan Meranti.

"Kita menyadari pak Sekda salah satu pejabat terbaik. Ya, kalau tidak punya nilai plus tersendiri mana bisa beliau dipilih jadi Sekda," cetus Irwan tersipu tawa.

Bupati dua periode itu juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan selama 2,5 tahun ini. "Semoga apa yang telah diperbuat untuk kemajuan meranti diridhoi allah swt," ujarnya.

Sebelumnya, dalam proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, H Yulian Norwis terlihat hadir dan duduk dibarisan depan.

Diwaktu yang sama, H Yulian Norwis yang sebelumnya telah mengetahui jabatannya sebagai Sekretaris Daerah akan dirotasi ketingkat bawah terlihat sangat ferr dan berbesar hati untuk tetap hadir pada pengambilan sumpah jabatan.

"Jabatan adalah amanah, saya sangat mendukung itu. Karena, kebijakan kepala daerah lebih mengarah pada kelancaran diroda pemerintahan," ucapnya disela waktu usai pengambilan sumpah jabatan di Ball Room Grand Meranti Hotel, Selatpanjang.

Dilokasi pelantikan dirinya yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan seperti tidak begitu kaku. Bahkan sangat enjoy. Terlihat, pada mimik wajah serta sikapnya yang tetap ramah serta selalu menebarkan senyuman kepada para pejabat yang dilantik maupun tamu undangan.

"Kebijakan pak Bupati sudah sangat baik, karena kepengurusan pensiun biasanya selesai selama enam bulan. Jadi dalam waktu dekat saya sudah bisa mengurus itu," akunya.

Di sisi lain, Yulian Norwis mengaku tetap akan membantu menata bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan dengan sebaik mungkin, "Menjelang pensiun ini saya tetap siap memberikan kontribusi terbaik saya untuk Kepulauan Meranti," tegas dia.

Ketika disindir sudah sejauh mana kesiapannya maju di Pilkada, Yulian Norwis tidak berkomentar banyak. Dirinya hanya berharap doa dan dukungan semua pihak.

"Saat memangku jabatan sebagai ASN insyaallah saya sudah melakukan semuanya, saat ini saya akan melakukan yang terbaik pula untuk meranti kedepan lebih baik lagi," pungkasnya.

Akhir kata Bupati Meranti mengajak seluruh pegawai terutama yang baru saja dilantik untuk menunaikan kewajibanya dengan profesional dan penuh rasa tanggungjawab agar upah yang didapat menjadi halal.

"Semoga dengan bekerja penuh rasa tanggungjawab jalannya roda pembangunan Meranti semakin baik dari waktu-kewaktu," pungkasnya. **