Pelalawan Tuan Rumah Pencanangan KB Tingkat Propinsi

Rabu, 03 Desember 2014

ilustrasi

PELITARIAU, Kerinci - Bila tak ada aral melintang, pada tanggal 9 Desember mendatang, Kabupaten Pelalawan akan dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan pencanangan KB Kes Bhayangkara tingkat Propinsi. Pelaksanaan kegiatan ini, akan ditaja oleh jajaran Polri Propinsi Riau yang bekerjasama dengan BPPPAKB Propinsi Riau dan BPPPAKB Kabupaten Pelalawan. 


"Ya, insya allah jika tidak ada aral melintang, kabupaten Pelalawan akan kembali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan pencanangan KB Kes Bhayangkara tingkat Propinsi Riau pada 9 Desember mendatang. Dan pelaksanaan kegiatan ini, ditaja oleh jajaran Polri propinsi Riau yang bekerjasama dengan BPPPAKB Propinsi Riau dan BPPPAKB kabupaten Pelalawan," terang Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BPPPAKB) kabupaten Pelalawan Drs H Khairunnas, Rabu (3/12). 

 

Khairunnas mengatakan bahwa ditunjuknya Kabupaten Pelalawan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan pencanangan KB Kes Bhayangkara tingkat Propinsi Riau tersebut, karena kabupaten Pelalawan merupakan daerah terbuka dan heterogen yang dibarengi dengan lajunya pertumbuhan.

"Dan kegiatan yang dilakukan jajaran kepolisian ini, diharapkan mampu meningkatkan capaian KB dan Kesehatan di propinsi Riau khususnya Kabupaten Pelalawan," bebernya.

Dalam Pelaksanaan nantinya, sambungnya, pihaknya akan menyediakan Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum ber KB dan yang putus ber KB, untuk diajak ikut kembali ber KB dengan metoda kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

"Dan untuk menghindari para PUS ini putus ber KB, maka kita ajak mereka untuk melakukan KB seperti melakukan pemasangan Ayudi (IUD), implant, medis operasi wanita dan medis operasi pria (MOP). Namun demikian, kita tetap melayani suntik dan pil. Dan semuanya gratis tanpa dipungut biaya," paparnya.

Ditambahkannya, bahwa secara keseluruhan hingga Desember 2014, capaian peserta KB kabupaten Pelalawan telah memenuhi target yakni sebesar 107 persen. Sedangkan capaian tersebut didominasi khusus Implant, sudah memenuhi target MKJP 80 persen dan MOP 30 persen.

"Untuk itu, melalui pelaksanaan pencanangan KB Kes Bhayangkara nantinya, diharapkan bisa kembali mendongkrak kepesertaan KB baru. Sehingga pada akhir tahun nantinya, capaian KB di propinsi Riau khususnya Kabupaten Pelalawan dapat kembali meningkat," katanya.

Ditempat terpisah, Kapolres Pelalawan AKBP Aloysius Supriyadi SIK MH menambahkan, bahwa pelaksanaan pencanangan Bhayangkara KB Kes 

Bhayangkara ini, dilatarpelakangi adanya kesepakatan bersama antara BKKBN dengan Kapolri tentang pelaksanaan revitalisasi program keluarga berencana nasional. Dan kegiatan KB Kes Bhayangkara ini sangat bermakna dan sangat penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial. Dimana ketika masyarakat sejahtera maka situasi dan kondisi masyarakat akan aman dan kondusif.

"Ya, kegiatan ini merupakan implementasi program partnership bulding. Yaitu kemitraan Polri dan instansi terkait dalam meningkatkan kesejahteraan. Termasuk upaya dalam menekan gangguan kamtibmas. Dan kita harap, pelaksanaan pencanangan KB Kes Bhayangkara tingkat Propinsi ini nantinya dapat berjalan sukses dan lancar," tutupnya. (kor. htl)
 

Editorial: rio ahmad