IPHI Rohul Bentuk Koperasi IPHI Mandiri

Selasa, 02 Desember 2014

Ketua IPHI Rohul Drs HT Habrizal (kiri) bersama Kakan Kamenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA.

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Kakan Kemenag Rohul yang juga Ketua Dewan Penasehat (Wanhat) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, mengharapkan agar IPHI ikut berpartisipasi aktif dalam membangun perekonomian umat, seperti melalui koperasi IPHI maupun melalui bentuk-bentuk lainnya.


Hal ini dirasa mendesak dilakukan, sebab beberapa persoalan yang dihadapi umat Islam Rohul, yakNi kemiskinan, kebodohan dan bahkan keterbelakangan. Untuk itu, IPHI perlu ikut berpartisipasi aktif untuk mengatasinya, karena pengurus dan anggota IPHI pada umumnya termasuk golongan mampu, memiliki kepedulian socsal yang tinggi dan memiliki kelebihan dibanding umat Islam lainnya.

Demikian disampaikannya pada rapat persiapan pembentukan Koperasi IPHI, Selasa (2/12/2014) bertempat di kantor Sekber Umat Beragama, kompleks perkantoran Kemenag Rohul, Kota Pasir Pengaraian. Kantor ini secara khusus juga disiapkan Kakan Kemenag Rohul, menjadi sekretaraiat bagi Pengurus IPHI Rohul.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua IPHI Rohul Drs HT Habrizal, Kadis Bina Marga yang juga Ketua Koperasi IPHI, M Rivai, Petugas dari Dinas Koperasi dan UKM Rohul, Sekretaris Rusli, Kepala KUA Rambah Rahman Jailani, Kasi Syariah Kemenag Martillevi Saleh dan pengurus IPHI Rohul lainnya.

Ketua IPHI Rohul yang juga Asisten Tiga Setda Rohul T Habrizal mengatakan salah satu program prioritas IPHI Rohul adalah pembentukan koperasi, yang diberinama dengan Koperasi IPHI Mandiri. Kehadiran koperasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif, bukan hanya bagi anggota IPHI, tapi juga bagi masyarakat Rohul pada umumnya.

Koperasi IPHI Mandiri ini beranggotakan para Haji dan Hajjah yang jumlahnya ribuan orang di Rohul. Setiap calon anggota diharuskan membayar simpanan pokok Rp 200 ribu dan simpanan wajib setiap bulan Rp 50 ribu, ditambah dengan simpanan sukarela yang besarannya diserahkan kepada masing-masing anggota.

Ketua Koperasi IPHI Mandiri M Rivai mengatakan, koperasi ini akan membuka bidang usaha berupa Warung Serba Ada (Waserda) atau serba usaha, yang didalamnya ada usaha konveksi, travel haji, perlengkapan JCH, termasuk pelaksanaan manasik haji mandiri, yang dapat dilakukan setiap saat. sebagaimana dilansir goriau.com

 

Editorial : Ramdana Yudha