Hari Keenam Operasi Zebra Di Pelalawan Jaring 190 Kenderaan

Senin, 01 Desember 2014

Operasi Zebra

PELITARIAU, Kerinci- Hari keenam pelaksanaan Operasi Zebra 2014, Senin (1/12), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres)  Pelalawan berhasil menjaring 190 pengendara kendaraan roda dua dan empat yang melanggar aturan berlalulintas. Sedangkan ratusan pelanggar lalu lintas tersebut, didominasi oleh kendaraan roda dua.

 

Pelanggaran  yang dilakukan seperti tidak menggunakan helm standart serta melawan arus lalulintas. Alhasil, ratusan kendaraan ini langsung diamankan petugas dengan memberikan surat penilangan terhadap pelanggaran lalu lintas.

"Ya, selama enam hari pelaksanaan operasi Zebra (26/11 - 1/12,red), kita berhasil menjaring sebanyak 190 pelanggar lalulintas. Sedangkan operasi Zebra ini, kita gelar di dua titik berbeda yakni di Jalan Maharaja Indra tepatnya didepan SMAN 1 dan di Jalan Tengku Said Jaáfar tepatnya didepan Akbid Payung Pelalawan Pangkalan Kerinci," terang Kapolres Pelalawan AKBP Aloysius Supriyadi SIK MH melalui Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Afrizal pada media ini, Senin (1/12) kemarin di ruang kerjanya.

Afrizal mengatakan bahwa sasaran dalam pelaksanaan operasi zebra tersebut yakni tindakan kasat mata terhadap para pelaku pelanggar lalulintas seperti tidak menggunakan helm standart, melawan arus lalulintas, tidak menggunakan sabuk pengaman dan melanggar kapasitas kecepatan. Dan hal ini dilakukan petugas malalui stasioner dan hunting sistem.

"Sedangkan dalam pelaksanaan operasi Zebra ini, didominasi oleh pelanggaran lalulintas sepeda motor yang tidak menggunakan helm standart sebanyak 126 pelanggaran, melawan arus lalulintas sebanyak 48 pelanggaran, tidak melengkapi surat - surat kendaraan 4 pelanggaran, tidak menggunakan sefetibel (sabuk pengaman kendaraan roda empat,red) 9 pelanggaran dan melanggar kapasitas kecepatan 2 pelanggaran. Dan keseluruh pelanggaran tersebut kita berikan penindakan  dengan memberikan surat penilangan sebanyak 190 lembar surat penilangan," ujarnya.

Ditambahkan Kasat Lantas, bahwa razia terhadap para pelanggaran lalulintas ini akan terus dilakukan pihaknya setiap hari hingga tanggal 9 Desember mendatang ditempat-tempat yang ditentukan secara acak. Untuk itu, melalui pelaksanaan operasi zebra dan penindakan tegas ini, pihaknya mengharapkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan disiplin di jalan raya dapat meningkat.

 
"Dan jadikan dan membudayakan keselamatan berlalulintas sebagai kebutuhan dalam kehidupan," tutupnya. (kor. htl)
    

Editorial: Rio Ahmad