Bripka Jerri Sinaga PS Kanit Lantas Polres Meranti Polda Riau Melaksanakan Misi Perdamaian di Sudan

Selasa, 05 November 2019

Bripka Jerri Sinaga PS saat berada di Sudan

PELITARIAU,  Meranti - Indonesia kembali mengirimkan pasukan ke wilayah-wilayah berkonflik sebagai pasukan perdamaian di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun ini Indonesia mengirimkan 1.040 personel.

Sejauh ini, di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah mengirimkan 2.719 dari 4.000 personel yang menjadi target pemerintah hingga 2019.

Kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia tidak terbantahkan.Indonesia memiliki rekam jejak dan sejarah panjang. Dunia menaruh kepercayaan besar terhadap komitmen dan kontribusi Indonesia terhadap perdamaian dunia. 

Tidak luput dari pengiriman personel perdamaian di Sudan yakni Satuan Tugas (Satgas) Bhayangkara II FPU 11 UNAMID di bawah pimpinan Kasatgas AKBP Henzly Moningkey SIK ,M. Si, Penugasan ini dilaksanakan dibawah naungan PBB dalam konteks menjaga perdamaian atau peacekeeping.

Satgas FPU Indonesia mempunyai tugas dan wewenang sesuai mandat UNAMID Police,Tugas itu adalah melindungi personel dan fasilitas PBB (Protect UN personnel and facilities), melindungi warga sipil (protect civilian), serta mendukung kegiatan operasi kepolisian di Sudan.

Didalam penugasan misi perdamaian di Sudan tersebut Polres Kepulauan Meranti harus berbangga karna ada salah seorang anggota Polres Meranti terpilih melalui seleksi yang dilaksankan oleh Mabes Polri yakni Bripka Jerri Sinaga PS, yang seharian nya bertugas di Satlantas Polres Meranti Polda Riau. 

Melalui pesan WhatsApp kepada media ini Selasa (5/11/19),Jerri mengucapkan Puji syukur kepada Allah SWT karna sampai saat ini saya di Sudan dalam keadaan sehat walafiat dan terima kasih kepada Bapak Kapolres Meranti Bapak Kapolda Riau, Bapak Kasat Lantas dan seluruh teman-teman jajaran Polres Meranti dan juga Istri,anak serta keluarga besar atas dukungan dan doanya buat saya dan teman-teman di Sudan, semoga kami di Sudan selalu dalam lindungan Allah SWT dan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan selamat pergi selamat kembali, ucap jerri. 

Selanjutnya lama penugasan satu tahun dan sudah berjalan kurang lebih 7 bulan dalam satu kontingen berjumlah 140 orang total kami yang mengikuti misi perdamaian dari Polda Riau sebanyak 7 Orang terdiri dari 4 Polki dan 3 Orang Polwan dan Alhmdulilah dari Polres Meranti saya sendiri. 

Upacara Pemberangkatan nya langsung di pimpin oleh Bapak Kapolri waktu itu masih Pak Jendral Tito Karnavian, di Mabes Polri. 

Pelepasan di bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta tgl 8 Maret 2019 yang lalu, dilepas oleh Bapak Karo Misinter Div Hubinter Polri, Brigjen Khrisna Murti, S.I.K, M.Si.

Suami dari Destriani Putri dan ayah dari dua orang anak yakni  Rashdan Aqmar Alhusayn Sinaga dan Azzahra Alfathunissa Sinaga berharap bisa melaksanakan tugas di Sudan ini dengan baik dan tidak ada kendala sehingga bisa membantu masyarakat di Sudan. 

Berbagai kegiatan kami lakukan agar membuat Satgas Bhayangkara II FPU 11 UNAMID sangat dikenal dan diterima oleh masyarakat, khususnya di Sudan. 

Saat ini, personil dari Indonesia sedang memberikan pelayanan rutin seperti Patroli Pengawalan terhadap staff UN dan civiliandan kegiatan Sosial seperti membagikan alat tulis dan alat belajar lainnya dan tidak ketinggalan melakukan kegiatan kesenian dengan memperkenalkan tarian tarian nasional Indonesia, tutup jery.  **adit