PMI Pasirpenyu Gelar Donor Darah

Ahad, 27 Oktober 2019

Fhoto Kegiatan Donor Darah di Air Molek

PELITARIAU, Inhu - PMI Kab Inhu menggelar aksi Donor Darah sebagai rangkaian peringatan Hut Ke V Media Online Suara Aktualcom, Kegiatan Donor Darah dilakukan di Lapangan Garuda Air Molek Kec Pasir Penyu Kab Inhu, Minggu 27 Oktobet 2019.

Ketua Pengurus PMI Inhu H Mailiswin S Sos M Si melalui Ketua PMI Kec Pasir Penyu Elfahri Adha S Sos MH disela sela kegiatan berlangsung kepada PelitaRiau.Com mengatakan momen Harlah Media Suara Aktualcom dimanfaatkan oleh PMI Pasirpenyu dengan melaksanakan aksi donor darah.

Kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh PMI diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga untuk membantu sesama bagi siapa yang membutuhkannya.

Sampai hari ini, Minggu (27/10) bank darah di Kecamatan Pasirpenyu diangka 2200 orang mudah mudahan stok donor tetap tersedia demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan darah di RSUD Indrasari Rengat.

"PMI Pasirpenyu sudah agendakan 6 x se Tahun dan padatahun 2019 ini kita sudah laksanakan 5 x baksos kemanusiaan donor darah," Kata Elfahri Adha.

Lanjut Ketua Lingkungan 1 Kelurahan Sekar Mawar itu aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas dari PMI Kabupaten dan PMI Kecamatan kepada sesama. melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan, urainya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Media Online SuaraAktual,Com yang dihadiri langsung oleh Bupati Yopi, setidaknya lebih dari 60 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya, setelah dilakukan pemeriksaan Tim Medis hanya yang bisa diambil darah segarnya sebanyak 22 pendonor para peserta terdiri dari ANS mulai dari Kantor Camat, Desa, Kelurahan, Para Guru dan Masyarakat  lingkungan Kecamatan Pasirpenyu.

"Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat," beber Elfahri Adha.

Aksi donor darah kali ini mendapatkan apresiasi positif dari sivitas Perusahaan BUMN dan BUMD yang berdomisili di Air Molek salah satunya Bank Riau Kepri Cab Airmolek, jelasnya.

Salah seorang pendonor Amrizal (42 thn) mengaku telah mendonorkan darahnya sebanyak 20 kali di sejumlah rumah sakit dan berbagai aksi donor darah. Siam rutin melakukan donor darah karena merasa prihatin tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat yang sulit mendapatkan donor darah, semoga dari donor darah ini bisa membantu, harapnya.

Pernyataan senada disampaikan Hamidah (38 thn) ibu rumah tangga warga Candirejo yang baru dua kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Sementara itu, Bupati Inhu Yopi Arianto SE melalui Kabag Protokoler Supandi S Sos M Si menyelaskan walaupun persediaan stok darah PMI di RSUD Indrasari Pematang Reba masih mencukupi kebutuhannya dan masih bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan darah di daerah ini.

"Menjelang akhir tahun banyak organisasi kemasyarakatan bekerjasama dengan PMI mudah mudahan dengan digelarnya aksi donor darah sehingga stok darah khusus di Kab Inhu masih aman sampai penghujung tahun," jelasnya.

Kegiatan yang bersifat Sosial ini dihadiri oleh Bupati Yopi, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Airmolek, Kabag Pemdes dan Kabag Protokoler, Supandi, Kadissos, Nursisman, Kadiskoperasi, Syahrudin, Anggota DPRD Inhu, Danil, Ketua PMI Inhu H Mailismin S Sos M Si.

Camat Pasirpenyu, Bambang, Danramil 04/PP Kapten Inf HB Sitepu, Kapolsek Pasirpenyu, Kompol Edi Yasman SH, Ketua Ormas, OKP, Kades, Lurah, Ketua BPD LPM, OKP Perempuan, PKK seluruh Perangkat Desa, Kepsek SD, SMP, SMA sederajat, Majelis Guru dan Masyarakat se Kec Pasirpenyu.**(prc3)