Menanggapi SE Gubri, Ini Keterangan Ketua LP2A Pasirpenyu

Sabtu, 21 September 2019

Foto SE Gubernur Riau Tentang Perintah Melaksanakan Sholat Istisqo

PELITARIAU, Inhu - Kualitas udara karena tidak ada turun hujan selama 3 bulan kedepan dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan, dipicu oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda sejumlah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Riau.

Untuk mengatasi musibah dampak bencana kabut asap tersebut paska kedatangan Presiden Joko Widodo, Kapolri Jendral Tito Karnavian beserta Panglima TNI Jendral Hadi Cahyanto SIP dan Rombongan ke Pekan Baru kemaren maka Gubernur Riau H Syamsuar langsung mengambil langkah langkah kongkrit dengan menerbitkan Surat Edaran supaya dilaksanakan Sholat Istisqo di Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa dan Kelurahan se Provinsi Riau.

Menanggapi surat edaran Gubri tersebut Ketua Lembaga Pengamalan dan Pendidikan Agama Islam (LP2A) Pasir Penyu Isroihan Iskandar S Ag kepada PelitaRiau.Com mengatakan menganggap penting untuk memohon permintaan hujan dengan cara melakukan sholat istisqo berjamaah.

Lanjut Ust Roihan Jumat 20/9/2019 kemarin seiring terbitnya surat edaran Gubri setelah berkoordinasi dengan Camat dan Forkopincam, Ka KUA Pasirpenyu sebelumnya sudah melaksanakan diskusi dengan para Ustad dan Alim Ulama di Airmolek tempat Kantor Kementrian Agama Pasirpenyu pada hari Rabu pagi (18 Sept 2019).

Dalam pertemuan tersebut sepakat dilaksanakan Sholat Istisqo di setiap Masjid usai dilaksanakan Sholat Jumat di 17 Masjid dan diisi oleh khotib jumat masing masing Masjid se Kec Pasirpenyu Kab Inhu.

"Insya Allah kalau kondisi Asap dan Kabut masih tetap seperti sekarang sudah membahayakan kesehatan sebagai umat yang beriman satu satunya adalah meminta kepada sang kuasa Allah Swt dengan melaksanakan sholat Istisqo," ujar Buya Roihan.

Tugas umat apabila ada cobaan seperti Kabut Asap ini agar bisa pulih hanya dianjurkan berdoa dan meminta agar melaksanakan sholat istisqo diawali terpenuhi syaratnya berpuasa selama 3 hari mudah mudahan bakal diijamah oleh Allah Swt, Amin, Jelas Kasek SMA Serumpun Pasirpenyu itu.** (prc 3)