Soal Kabut Asap, Fraksi PKS DPRD Rohul Keluarkan 3 Rekomendasi Untuk Pemerintah

Senin, 16 September 2019

Ketua Fraksi PKS, H Depredi Kurniawan ST MM

PELITARIAU, Rohul - Menyikapi kondisi kabut asap yang melanda hampir seluruh wilayah Riau, khusus Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Rohul mengeluarkan 3 poin rekomendasi yang ditujukan ke Pemerintah daerah.

Ketiga rekomendasi tersebut diantaranya, mendorong Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Rohul untuk memfasilitasi pelaksanaan Sholat Istisqo, dan mengajak seluruh elemen masyarakat. 

Kedua, mendorong pemerintah daerah untuk menyediakan ruangan steril bagi korban kabut asap yang ada di RSUD Pasirpengaraian, PMI maupun seluruh Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan Rohul.

Selain itu, Fraksi PKS  juga mendorong pemerintah daerah agar menyediakan tim medis dan peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, Nebulizer, masker serta peralatan lain yang dibutuhkan untuk pencegahan penyakit yang ditimbulkan kabut asap.

Ketua Fraksi PKS, H Depredi Kurniawan ST MM menyatakan, dikeluarkannya surat rekomendasi ini karena prihatin melihat kondisi kabut asap yang kian parah. 

"Kami dari Fraksi PKS merasa terpanggil untuk menggugah hati pemerintah daerah agar memberi fasilitas untuk masyarakat  melaksanakan Sholat Istisqo.

Sholat Istisqo ini, sambungnya dimaksudkan untuk memanjatkan doa agar Allah SWT menurunkan hujan, serta memohon pengampunan dari sang maha kuasa," kata Depredi menjawab wartawan,  Senin (16/9).

Kemudian, lanjut Depredi pihaknya menginginkan masyarakat yang terpapar asap bisa menerima pelayanan kesehatan yang maksimal. Seperti yang dikuatkan dalam rekomendasi tersebut mulai dari ruangan medis yang steril, begitu juga dengan tim medis (dokter, perawat), serta peralatan medis yang memadai.

"Kami berharap, dengan rekomendasi ini masyarakat yang menjadi korban kabut asap dapat pelayanan yang terbaik dari pemerintah," pintanya. **Rah