Digelar Rapat Proyeksi Peningkatan PAD Pelalawan

Jumat, 28 November 2014

ilustrasi

PELITARIAU, Kerinci-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan telah memanggil sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki sumber Penerimaan dari retribusi yang diterapkan oleh SKPD tersebut.

 

Selanjutnya menggelar rapat yang merupakan rapat proyeksi untuk upaya peningkatan penerimaan retribusi yang akan dijadikan sumber PAD pemerintah Kabupaten Pelalawan Selasa (11/11) di lantai 3 ruang rapat DPRD Pelalawan.

 

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pelalawan Nasarrudin SH MH Dan Sekdakab Pelalawan Tengku Mukhlis bersama anggota Komisi 
1 Dan Tim Banggar DPRD Pelalawan ini diikuti oleh SKPD yang memiliki sumber penerimaan diantaranya Badan Penanaman Modal Pelayanan 
Perizinan Terpadu (BPMP2T), Dishubkominfo, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pendapatan, Bappeda, Dinas Pertamanan,  Kebersihan Dan Tata Kota dan  Bagian Umum .

Terlihat dalam rapat masing-masing SKPD diberi kesempatan untuk memaparkan hasil proyeksi Dan realisasi penerimaan setoran dari kutipan Retribusi yang diperoleh untuk disetorkan ke kas Daerah sebagai sumber penerimaan untuk peningkatan PAD.

Dalam pemaparan tersebut terlihat Ketua DPRD Dan anggota Banggar DPRD meminta kepada SKPD yang telah memproyeksikan hasil penerimaan di tahun 2015 untuk dapat ditingkatkan mengingat apa yang disampaikan dan diproyeksikan kepada masing-masing SKPD dinilai tidak menunjukan peningkatan yang signifikan. Hal itu dikarenakan tidak ada upaya SKPD untuk melakukan penggalian potensi yang ada, dan ini terlihat dari sejumlah SKPD hanya menggarap potensi penerimaan di Ibu kota Kabupaten saja yakni di Kecamatan Pangkalan Kerinci sementara kecamatan lain seperti Seikijang, Pangkalan Kuras Dan Ukui masih belum tergarap. Katanya.

"Ini tak bisa dibiarkan, semua Satker harus bekerja, mereka semua harus mampu menggenjot sekaligus menggali potensi sumber penerimaan retribusi kita, jangan hanya menunggu di kantor. Dengan kata lain, mereka harus menjemput sumber penerimaan itu ke lapangan Dan pastinya jangan hanya Pangkalan Kerinci saja yang dijadikan objek daerah sumber penerimaan, kan masih banyak kecamatan lain di Pelalawan yang memiliki potensi kayak Bandar Seikijang, Pangkalan Kuras Dan Ukui," beber Ketua DPRD Pelalawan, Nasaruddin.

Ditambahkannya, selain retribusi yang harus ditingkatkan, ada banyak sumberlain yang perlu di garap seperti pembayaran pajak Bumi Dan  Bangunan, Pajak kendaraan bermotor khususnya upaya Dinas perhubungan bersama Samsat  untuk melakukan penertiban plat nomor non BM supaya dilakukan Bea Balik Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB) dengan begitu maka pajak kendaraan tidak lagi dibayarkan ke Daerah asal  kendaraan tersebut.

Pada intinya, DPRD meminta kepada seluruh SKPD harus mampu bekerja maksimal untuk menggali potensi yang Ada Dan belum tergarap sehingga dengan begitu akan berdampak pada setoran PAD yang akan mengalami peningkatan. Harap Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin. (kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad