Meriahkan HGN, SDN 007 Kerinci Gelar Lomba Kedao

Kamis, 27 November 2014

logo Dinas Pendidikan

PELITARIAU, Kerinci -Memeriahkan Hari Guru  Nasional (HGN) ke 69 tahun 2014, majlis guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Pangkalan Kerinci yang berlokasi di Jalan Akasia Pangkalan Kerinci mengikuti lomba permaian Kedao. Jenis permainan rakyat dengan menggunakan batok kelapa ini diikuti oleh seluruh guru yang berjumlah 50 orang.

    
Selain para guru, seluruh murid di sekolah tersebut juga ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun bagi guru mereka. Diantaranya, diadakan lomba membaca puisi, mewarnai serta lomba peta buta.
  
"Kendati diperingati dengan sederhana, tapi semua pihak sekolah kami terlibat dalam kemeriahan Hari Guru ke-69 tahun ini. selain anak-anak kami para guru juga terlibat dalam kemeriahan tersebut," terang Kepala SDN 07 Pangkalan Kerinci Hj Samsidar,M.Pd didampingi guru coordinator lomba Junaidi,S.Pd, Rabu (26/11).
   
Lomba Kedao sebut Junaidi merupakan permaianan rakyat Pelalawan yang terus digalakkan untuk dihidupkan. ‘’Kami para gurulah yang memulainya dan diikuti oleh anak-anak. Permaianan sederhana menggunakan tempurung (batok,red) kelapa yang dipasang tali lalu dijadikan seperti sepatu atau sandal ini dilombakan. Memang meriah,’’bebernya.
   
Sedangkan ratusan anak-anak didik mereka lanjut Junaidi mengikuti mewarnani khususnya untuk kelas I dan III. Sementara untuk kelas 4-5 mengikuti lomba menciptakan sekaligus membaca puisi. 

"Untuk anak-anak kelas VI mengikuti lomba peta buta, Pelalawan, Riau dan Indonesia," bebernya.

Pada puncaknya lanjut Junaidi juga dilaksanakan peniupan lilin laiknya pesta ulang tahun serta pemotongan kue. Pihaknya berharap para guru terus diperhatikan ke depannya. Tak hanya guru PNS tapi juga rekan-rekan yang masih berstatus honorer lainnya. 

"Lebih dari itu, kegiatan yang kami laksanakan di sekolah ini untuk merefresh kembali setelah rutinitas belajar mengajar di sekolah untuk lebih semangat lagi dalam mengabdi," tutupnya. (kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad