Forkompincat Pasir Penyu Serahkan Masker Gratis Dengan Pengguna Jalan Raya

Sabtu, 17 Agustus 2019

Foto Kapus Air Molek Arif Tri Wardoyo SKM Turun Gunung Bagikan Masker Gratis di Jalan Raya

PELITARIAU, Inhu - Kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)Khususnya Kec Pasir Penyu akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kini berdampak pada kesehatan masyarakat.untuk mengantisipasi penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) puskesmas telah menyebarkan masker gratis kepada masyarakat.

Momen kegiatan Shalat Istisqa juga dimanfaatkan oleh Ka Puskesmas (Arif Tri Wardoyo SKM didampinggi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincat) seperti Bambang Indramawan SSTP MSP (Camat Pasir Penyu), Kompol Dwi Kormal (Kapolsek Pasir Penyu), Kapten Inf HB Sitepu (Danramil 04 Pasir Penyu), Yusrianto Shi (Ka KUA Kec Pasir Penyu), H Umar Dulis MPdI (Korwil Disdikbud Kec Pasir Penyu), Kades/Lurah Se-Kec Pasir Penyu, Isroihan Iskandar  Sag (Ketua LP2A Kec Pasir Penyu) dengan pembagian masker langsung disebarkan turun langsung ke jalan-jalan membagikan pada pengguna kendaraan tepatnya di Jalan Raya Jenderal Sudirman Air Molek Depan Mapolsek dan Koramil 04 Pasir Penyu

Kepala Puskesmas Pasir Penyu Arif Tri menyampaikan, Tujuan kegiatan pembagian Masker Gratis kepada masyarakat yang sedang beraktifitas diluar rumah terutama pengguna jalan sudah dilaksanakan Pemkab Inhu atas Arahan Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melalui kepala Dinas Kesehatan Inhu (Elis Julinarti DCN MKes) beberapa Minggu yang lalu juga di laksanakan oleh Beberapa Kecamatan Se-Kab Inhu terutama kecamatan Pasir Penyu pada hari ini Jumat sekira Pukul 15.00 Wib Tanggal (16/8/2019) dilaksanakan UPTD Puskesmas Air Molek dengan melibatkan pihak Forkompincam.

Pembagian Masker Gratis ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari dampak kabut asap, sebagaimana kita ketahui bahwa di Riau Khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sedang dilanda Kabut Asap yang berdampak buruk bagi kesehatan kita terutama bagi anak-anak Sekolah dan Masyarakat Indragiri hulu pada umumnya.

Dimana yang kita ketahui akibat Oknum atau Masyarakat kita yang tidak perduli terhadap Kesehatan Lingkungan Sekitar dengan Membuka Lahan Secara Membakar. Maka dari itu Presiden RI Memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI dan meneruskan kepada Kapolda, Dandrem dan Dandim se-Indonesia serta Gubernur se-Indonesia  untuk menangkap pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sudah tercantum Sesuai UUD No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan

Melihat kondisi kabut asap di Kecamatan Pasir Penyu bisa membahayakan masyarakat guna mengantisipasi penyakit Ispa, puskemas telah menyebarkan masker gratis sebanyak 1.000 lembar kepada masyarakat.

Puskesmas Pasir Penyu, lanjut Arif, seandainya kabut asap tetap tidak berkurang dalam beberapa hari kedepannya kami akan kembali meminta tambahan masker kepada Dinas Kesehatan juga akan memberikan langsung turun lagi ke jalan untuk pengendara Roda Empat dan Kendaraan Roda Dua seperti Sepeda Motor. ‘’Kami akan meminta tambahan kembali,” ujar Arif.

Masker di puskesmas air molek telah dibagikan langsung ke jalan oleh petugas kepada masyarakat yang melintas dan sekitarnya, Dia mengimbau bagi masyarakat yang akan keluar rumah, hendaknya menggunakan masker guna mengantisipasi penyakit ISPA. Karena kondisi udara kabut asap berasal dari karhutla, Jelas Ka Puskesmas.

Selama kegiatan bagi bagi Masker Gratis sekira diawali pukul 14.30 Wib berakhir pukul 15.30 Wib stuasi dalam keadaan terkendali aman serta kondusif.**