Kurangi Sampah Plastik, Polres Inhu Bagikan Daging Kurban Berbungkus Daun Pisang

Ahad, 11 Agustus 2019

Polres Inhu menggalakkan kampanye mengurangi kantong plastik dengan pendistribusian daging kurban menggunakan daun pisang.

PELITARIAU, Inhu - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa 6 ekor lembu dan 1 ekor kambing dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H / 2019 M dengan tema "Dengan Nilai Ibdah Kurban Kita Tanamkan Semangat dan Ketulusan Dalam Pengabdian Kepada Negara dan Bangsa", pada Ahad 11 Agustus 2019 sekira pukul 10.00 Wib bertempat dilapangan Mapolres Inhu, Rengat. 

Kegiatan penyembelihan diawali dengan penyerahan sapi kurban dari Kapolres Inhu kepada panitia kurban dilanjutkan dengan penyembelihan.

Dalam kegiatan kali ini juga nampak berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya Polres Inhuu menggalakkan kampanye mengurangi kantong plastik untuk pendistribusian daging kurban. Selain tidak baik untuk kesehatan, kantong plastik sekali pakai juga tidak bersahabat dengan lingkungan. Sebagai gantinya, Polres Inhu menggunakan daun pisang. Dengan diambilnya daun pisang sebagai penganti plastik, diharapkan bisa lebih ramah terhadap alam, karena daun tersebut bisa langsung teruraiu oleh alam.

"Tahun ini kita juga mengurangi penggunaaan kemasan plastik. Seperti yang kita ketahui plastik mengganggu lingkungan hidup. Kita mengganti kemasan yang ramah lingkungan, yakni daun pisang," ujar Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIk disela-sela penyembelihan hewan kurban. 

Kapolres7 mengungkapkan alasan daging kurban dibagikan menggunakan daun pisang karena merasa prihatin. Pasca Idul Adha banyak sampah plastik yang tidak mudah terurai.

"Intinya, kami ingin mengkampanyekan tentang pengurangan sampah yang tidak mudah terurai. Terutama sampah plastik," katanya.

Melalui kegiatan penyembelihan hewan kurban, Kapolres berharap  dapat membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Ren Polres Inhu Kompol Suryadi Ningrat S.Sos, M. Si, Kabag Sumda Polres Inhu Kompol Amril S.Sos, SH, MH, Kasat Intelkam Polres Inhu AKP M. Ari Surya S, SH, Kasat Reskrim Polres Inhu AKP Febriyandy S.Ik, Kasat Sabhara Polres Inhu AKP Hendri S.Sos, para Perwira serta Personil Polres Inhu kurang lebih 40 Orang. **Prc/Hendra