Wakil Ketua I DPRD Kuansing Minta Hadiah Pacu Jalur Dikembalikan Seperti Semula Berupa Ternak

Sabtu, 27 Juli 2019

PELITARIAU, Kuansing - Tradisi pacu jalur rayon III Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang diadakan di Arena Tepian Pantai Desa Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar har ini mulai digelar sebanyak 60 jalur ikut  berkompetisi di hari pertama Meliputi, Kecamatan Benai, Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Kuantan Mudik dan  Kecamatan Hulu Kuantan.

Sardiyono Amd selaku Ketua Umum pelaksanaan pacu jalur rayon III kecamatan gunung toar, beliau juga merupakan Wakil Ketua I DPRD Kuantan Singingi (kuansing), Kamis (25/7/2019).

Sardiyono mengatakan, sebagai ketua umum pacu jalur rayon III  berpesan dimana pada tahun 2020 nantinya, disetiap event pacu jalur hadiah yang diterima tidak lagi dalam bentuk uang.

”Kami atas nama panitia rayon III akan mengusulkan kepada pemerintah daerah, untuk masa yang akan datang, setidanya kita akan kembalikan bagaimana tradisionalnya pacu jalur ini, dan ketika kita memberikan reward atau pun hadiah kepada pemenang kembali kepada tradisi yang dulu yaitu berupa ternak,” ujar Sardiyono. 

Ditambahkan Sardiyono, nanti didinas terkait diminta mengubah nomenklatur dari hadiah untuk pacu jalur ini, berupa ternak sebagaimana masa-masa terdahulu  pacu jalur ini, Disamping itu selaku ketua penyelenggara pacu jalur rayon III di tepian pantai desa lubuk, terentang  juga berharap agar tetap menjaga sportivitas dalam berpacu agar acara pacu jalur tersebut berjalan dengan sukses.

Terakhir Sardiyono berpesan, Kami menghimbau agar seluruh pengunjung dan para pedagang supaya tidak membuang sampah ke aliran sungai batang kuantan,agar terciptanya sungai yang bersih di ranah kuantan yang kita cintai ini, ” tutupnya. **Levis