Jurnalis Wanita Terkenal di Afghanistan Tewas Ditembak

Senin, 13 Mei 2019

Mina Mangal, jurnalis wanita di Afghanistan yang tewas secara mengenaskan

PELITARIAU.com - Nasib mengenaskan dialami Mina Mangal, salah seorang jurnalis wanita terkemuka di Afghanistan. Wanita yang juga memiliki posisi sebagai penasehat parlementer ini, tewas akibat ditembak pada siang bolong.

 

Dilansir cnn, Senin 13 mei 2019, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Nasrat Rahimi mengatakan, Mangal tewas setelah ditembak sekelompok pria bersenjata. Yang lebih mengenaksan, peristiwa itu terjadi di jalanan Ibukota Afghanistan, Kabul bagian tenggara, pada Sabtu 11 Mei 2019.

Mangal diketahui telah malang melintang di sejumlah stasiun televisi di Afghanistan. Awalnya, ia bekerja sebagai presenter televisi untuk saluran televisi berbahasa Pashto. Saat ini, Mangal bekerja sebagai jurnalis untuk Lemar TV, diketahui juga pernah bekerja untuk Tolo TV, televisi swasta terbesar di Afghanistan dan Shamshad TV yang merupakan kompetitornya.

Dilansir detik, Mangal juga dikenal menjadi pendukung kuat hak-hak wanita untuk mendapat pendidikan dan pekerjaan. Baru-baru ini, dia terpilih menjadi anggota komisi budaya pada parlemen Afghanistan.

Kepolisian setempat tengah melakukan penyelidikan untuk mencari para pelaku yang menembak Mangal sekaligus mengungkap motifnya. Penembakan brutal terhadap Mangal ini memicu kemarahan dan kesedihan dari kolega-koleganya juga para aktivis hak wanita. Mereka mengecam pemerintah Afghanistan yang dianggap gagal melindungi Mangal yang diketahui sedang menghadapi ancaman. **Int