Bupati Inhil Buka Event Wisata Pacu Sampan Leper

Kamis, 20 November 2014

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan

PELITARIAU, Tembilahan – Kegiatan event wisata pacu sampan leper secara resmi dibuka Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, Kamis (20/11) di Kuala Sungai Getek, Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka.

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Disporabudpar Provinsi Riau, Unsur Muspida Inhil, Wakil Bupati Inhil, Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Inhil serta masyarakat sekitar Sungai luar.


Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan memacu sampan di atas permukaan lumpur dengan menggunakan sampan yang leper bisa mewujudkan Inhil sebagai daerah tujuan wisata dan membuat ekonomi warga menjadi kreatif.


“Ini sudah menjadi budaya masyarakat Inhil semenjak dahulu, shingga pemerintah memandang pacu sampan leper ini perlu dipertahankan eksistensinya, kegiatan ini menandakan perjuangan berat masyarakat Inhil, dengan makna walaupun air tidak ada tetap bisa dilalui dengan menggunakan sampan leper yang khusus diatas lumpur, “ kata HM Wardan.


Dengan hadirnya wakil dari pemerintah Provinsi Riau dalam kegiatan itu, dimanfaatkan HM Wardan untuk menyampaikan agar kegiatan tersebut menjadi event wisata tingkat Provinsi Riau, “Pemerintah Provinsi hendaknya bisa mewujudkan kegiatan ini dalam skala yang besar dan lebih baik, “ pintanya.


Untuk diketahui, event wisata pacu sampan leper yang dilaksanakan selama 2 hari ini ditaja oleh Dinas Pemuda, Olahragan, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Inhil. Adupan peserta yang mengikuti perlombaan ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu kategori perorangan dan beregu, dengan peserta 35 tim dari kategori perorangan, serta 18 tim dari kategori beregu. (cr.mar)

 

Editorial : Ramdana Yudha